JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha mengikuti Vicon (Video Conference) peresmian 1,898 titik sumber air  dalam rangka program Gerakan TNI Manunggal Air Tahun 2024 di Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh. Selasa (06/02/2024).

Dimana secara terpusat, peresmian titik sumber air itudi dipusatkan di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara yang pimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat  Jendral TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Hadiri, Asisten II Setdako Payakumbuh Elzadaswarman mewakili Pj Walikota Payakumbuh, Kakan Kesbangpol Dipa Surya, Dirut PDAM Tirta Sago Kota Payakumbuh Khairul Ikwan, jajaran Danramil dan Perwira Staf Kodim 0306/50 kota, Kapolsek Kota Payakumbuh Kompol Wilnedri, Lurah Padang Karambia Budiarto dan warga masyarakat Kelurahan Padang Karambia.

"Program ini merupakan kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rentan krisis air. Kami, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan dengan mencarikan solusi yang tepat. Beberapa upaya telah dilakukan TNI AD, diantaranya berupa inisiatif membangun pompa air dengan teknologi Hydraulic Ram Pump atau pompa hidram untuk mengatasi keterbatasan akses air bersih," kata Letkol Inf Adri Asmara Yudha, Selasa (06/02/2024) di Payakumbuh.

Dikatalannya, sinergi dari semua pihak sangat diharapkan, agar program TNI AD Manunggal Air dapat secara langsung menyentuh masyarakat pedesaan, membantu kesulitannya, meningkatkan kesejahteraannya, serta menunjukkan kehadiran pemerintah di pelosok-pelosok tanah air.

Ia berharap, dengan telah diresmikan program itu, manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kelurahan Padang karambia dan Kota Payakumbuh pada umumnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Payakumbuh melalui Asisten II Setdako Payakumbuh Elzadaswarman mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Kasad dengan program TNI AD manunggal air yang dilaksanakan  Kodim 0306/50 Kota, dengan kepeduliannya menyediakan sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat.

"Ini merupakan wujud sinergitas dan dukungan lintas sektoral khususnya dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan di Kota Payakumbuh, yang mana nantinya ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat sekitar dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan terimakasih," kata lelaki Om Zet sapaannya ini.

Kemudian, usai Vicon Letkol Inf Adri Asmara Yudha bersama Forkopinda dan warga masyarakat Kelurahan Padang Karambia, gelar penanaman pohon penghijauan. Tujuannya, mewujudkan fungsi lingkungan hidup dan mengurangi pencemaran wilayah, sehingga tetap terjaganya kelestarian lingkungan hidup sesuai tripologi wilayah.

"Kami mengajak seluruh elemen  masyarakat untuk bersama sama menjaga dan merawat pohon penghijauan yang sudah kita tanam sehingga nantinya bermanfaat untuk lingkungan," demikian Dandim 0306 50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha. (Flo)
 
Top