JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra melakukan gerak cepat memerintahkan jajarannya untuk segera memperbaiki rumah dan tali banda alias saluran irigasi yang rusak akibat luapan Batang Aia, Jumat (23/02/2024) kemarin disebabkan guyuran hujan yang cukup ekstrim.

Pantauan dilapangan menyebutkan, ada satu unit tali banda yang mengalami kerusakan cukup berat di Jorong Aua, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru tersebut.

Menyikapi hal itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra berjanji dihadapan masyarakat bahwa tali banda tersebut akan diperbaiki pada tahun ini.

"In Syaa Allah tahun ini harus segera diperbaiki, jangan ditunda tunda pengerjaannya, karena tali banda ini merupakan sumber air bagi area pertanian warga, " katanya.

Lebih jauh Bupati Eka menjelaskan, perbaikan tersebut akan kita upayakan melalui dana BTT (Bantuan Transfer Tunai) dari pusat atau dari BWS Sumbar.

"Kalau kurang dari APBD, nanti kita tambah jumlahnya untuk perbaikan tali banda tersebut melalui dana BTT pusat, " katanya

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra terus mendorong Pemerintah Kabupaten Tanah datar untuk segera merealisakan bantuan untuk memperbaiki tali banda yang rusak tersebut.

"Selaku anggota DPRD, tentu kami terus mendorong Pemerintah untuk segera melakukan perbaikan dan merealisasikan bantuan tersebut, agar area pertanian warga bisa dialiri air kembali, " katanya. (MG)
 
Top