JA.com, Pesisir Selatan (Sumatera Barat)--Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar (Pol PP dan Damkar) Kabupaten Pesisir Selatan, berhasil grebek aktifitas tambang galian C di Tanah Kareh, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Kamis (5/12). Dan yang pemilik tambang tersebut sedang beroperasi pengangkutan galian ke truk sedang menunggu.

Operasi dilakukan Pol PP dan Damkar Pessel itu berkat informasi warga yang resah dengan adanya aktifitas tambang di daerah tersebut. Atas petunjuk dan arahan Bupati, satu pleton anggota penegak Perda Pessel turun ke lokasi tambang galian C itu.

Ternyata didapatkan aktifitas galian C sedang beroperasi. Kasat Pol PP dan Damkar Pessel Dailipal menegaskan," penertiban tambang - tambang galian C di wilayah Pesisir Selatan, khususnya di daerah tersebut berkat informasi warga yang resah keberadaan galian C di Kecamatan Bayang, karena dampak dari kegiatan ini membahayakan bagi lingkungan dan masyarakat.

Sementara itu Sat Pol PP dan Damkar Pessel menyita satu set alat hisap galian C yang diamankan terdiri dari, satu unit mesin dompeng, satu unit pipa hisap dan alat engkol galian C, dari lokasi tambang.  Dailipal memintak kepada pemilik galian C menghentikan langsung."tegas Dailipal.

Selain penertiban galian C, dilain tempay, pihaknya juga mengamankan satu pasang yang bukan suami istri, serta beberapa pelajar sedang asik main billiard, ujar Kasat Pol PP.

" Untuk itu dihimbau bagi pemilik tambang galian C di Pessel bisa mengikuti aturan yang ada, jika tidak maka kita akan tertibkan dan tindak tegas," mengakhiri.(rio).
 
Top