JA.com, Pasbar, (Sumatera Barat)-- Pramuka merupakan exkul wajib bagi madrasah dan untuk itu, MTsN 3 Pasaman Barat melakukan pembinaan rutin di bidang pramuka. Madrasah ini bahkan, melakukan latihan intensif jelang lomba dan kegiatan pramuka yang ada di Pasaman Barat.

Selain itu, pihak madrasah juga mempersiapkan daya tahan fisik siswa dan siswi mereka dengan kegiatan olahraga, jelang lomba dan kegiatan pramuka tersebut sehingga tetap kuat dan bugar. Hal ini, menjadikan madrasah tersebut berhasil meraih prestasi gemilang di bidang pramuka pada tahun 2018.

Pada Perkemahan Pramuka Daulat Parit Batu antar SLTP se Pasaman Barat di lapangan Telkom Kecamatan Simpang Empat, madrasah ini meraih Juara 1 Tapak Perkemahan dan Juara 2 PBB.
Sedangkan pada Perkemahan Pramuka yang diselenggarakan oleh MTs Al Hidayah Mahakarya di Kecamatan Luhak Nan Duo, mereka bahkan berhasil merebut 18 juara, sehingga membawa 18 piala pada lomba dan kegiatan pramuka  tersebut.

Selanjutnya di Perkemahan Pramuka Kwaran, yang berlangsung di lapangan Kantor Camat Kecamatan Luhak Nan Duo, madrasah ini meraih Juara 2 PBB dan Juara 3 Pioneering.

Dengan prestasi tersebut, menjadikan madrasah ini menjadi salah satu SLTP yang disegani dan diperhitungkan pada lomba dan kegiatan pramuka di daerahnya. Selain itu, prestasi ini tentunya juga menambah deretan tropy dan piala di bidang pramuka yang juga telah mereka raih pada tahun - tahun sebelumnya.

Tak hanya di bidang pramuka, pada lomba untuk memeriahkan Peringatan HUT RI Ke 73, yang diselenggarakan oleh Kecamatan Kinali, madrasah ini bahkan berhasil merebut Juara Umum di event tersebut.

Saat ditemui diruang kerjanya pada Rabu (5/12), kepala madrasah Gusmayenti, S.Pd menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk memaksimalkan potensi siswa dan siswi.

"Kami ingin murid madrasah memaksimalkan potensi yang mereka miliki di berbagai bidang pendidikan, sesuai dengan bakat dan minat mereka pada kegiatan exkul yang ada", ujar Gusmayenti.

"Potensi tersebut, tentunya juga jadi modal berharga bagi mereka untuk mewakili madrasah di berbagai lomba pendidikan dan juga berguna saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya", lanjutnya lagi. (Zein)
 
Top