JA.com, Pasbar, (Sumatera Barat)- Agenda tahunan Kemdikbud dalam upaya memberantas buta huruf, mengembangkan budaya literasi untuk memotivasi kreativitas dan potensi warga belajar di lembaga PKBM dan PAUD.

Untuk itu, Pemkab Pasbar melalui Dinas Pendidikan menggelar Peringatan Hari Aksara Internasional ( HAI ) tahun 2018 dan memeriahkannnya dengan sejumlah lomba dan kegiatan lainnya.

Peringatan HAI berlangsung di halaman depan Kantor Dinas Pendidikan pada Senin (3/12) dan dihadiri oleh sejumlah tamu dan undangan yang diantaranya merupakan jajaran dinas tersebut dan pihak terkait lainnya.

Kegiatan tersebut berlangsung baru – baru ini, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat Syahiran, SH. Turut hadir saat itu, Kepala OPD, Staf Ahli Bupati dan Assisten Pemerintahan, Kepala Sekolah dan Pengawas SD, SLTP dan SLTA, PAUD dan PKBM se Pasaman Barat.

Dalam kata sambutannya Bupati Syahiran berharap, dengan adanya peringatan HAI, dapat menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang merupakan salah satu prioritas pembangunan di negeri ini.

"Pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pemerintah dalam hal ini, memberikan perhatian yang besar kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak mampu, dengan adanya program pendidikan non formal", ujar Syahiran.

"Kami berharap, dengan optimalisasi pengelolaan pendidikan non formal, dapat meningkatkan kecakapan hidup warga belajar setelah menamatkan pendidikan mereka dan semoga kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang buta huruf di daerah ini", lanjutnya lagi.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan penampilan Tari Pasambahan oleh warga belajar PAUD dan Mars Keaksaraan yang dinyanyikan oleh warga belajar Lembaga PKBM serta sejumlah lomba lainnya yang sangat menarik untuk disaksikan.

Sejumlah lomba yang digelar antara lain, lomba Presentasi Lembaga PKBM, Mars PAUD, lomba Kreativitas dan Inovasi Warga Belajar dan pameran Stand PKBM dan PKG se Pasaman Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, ditutup pada sore harinya dan disertai dengan penyerahan hadiah bagi warga belajar PAUD, PKBM dan PKG, yang menjadi pemenang lomba di acara ini. (Zein)
 
Top