JA.com Payakumbuh (Sumatera Barat)--Minat baca masyarakat terutama generasi muda masih rendah. Salahsatu penyebabnya, mereka lebih tertarik dengan internet yang menyuguhkan berbagai permainan.

Hal itu disampaikan Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Syahril, dalam acara stakeholder meeting tim sinergi se-kota Payakumbuh di aula ex. Balaikota Bukik Sibaluik, Senin (3/12).

"Minat baca masyarakat saat ini, terutama anak muda sangat rendah.  Melalui meeting ini, kita berharap ke depannya minat baca masyarakat di Kota Payakumbuh semakin baik," ujar Syahril.

Dikatakan,  minat baca masyarakat itu harus ditingkatkan agar mereka benar-benar tertarik untuk membaca. Perpustakaan yg ada saat ini, hendaknya dapat digunakan secara maksimal.

"Perkembangan teknologi saat ini membuat semuanya sudah serba digital, termasuk untuk membaca yang bisa didapatkan pada hp atau komputer.  Sekarang menjadi tugas kita semua agar kedepannya minat baca masyarakat dapat tumbuh dan berkembang lagi," paparnya.

Sebelumnya Kadis Arsil dan Perpustakaan Kota Payakumbuh Zulinda Kamal dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah supaya perpustakaan dari kelurahan saat ini dapat bertemu dg stakeholder agar nanti nya mampu menjadi peran mitra dalam perkembangan minat baca dan pusat kegiatan di masyarakat.

"Dikatakan Kota Payakumbuh sudah menjadi mitra dari perpuseru (perpustakaan seru). Dan kita juga dapat bantuan dari pihak coca cola foundation indonesia yg mana dana nya didapat dari billgates foundation (microsoft) yg nanti digunakan untuk perkembangan perpustakaan dan perkembangan literasi untuk kemajuan masyarakat," tutur Zulinda.," jelasnya.

Ikut hadir dalam acara itu sejumlah kepala OPD dan insur Forkopimda. (gun)

 
Top