JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Warga Perumnas Kubang Gajah, kelurahan Limbukan kecamatan Payakumbuh Selatan resah. Pasalnya, air bersih berasal dari Perumda Air Minum Tirta Sago macet sejak awal Ramadhan 1443 H kemarin. Hingga berita ini diturunkan, air bersih yang diharapkan warga RW 03 itu, kelurahan Limbukan itu masih saja macet, walaupun ada truk tanki air bersih diturunkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Anggota DPRD kota Payakumbuh Yanuar Gazali mengatakan, memang pasokan air bersih dari PDAM kota Payakumbuh untuk kelurahan Limbukan macet. Ia, meminta kepada pihak yang berwenang untuk segera mencarikan solusinya.

"Kita berharap kepada pihak yang berwenang, agar segera mencarikan solusi terbaik. Yang penting, air mengalir lancar kembali, sesuai dengan kehendak warga di sana," kata Yanuar Gazali, Rabu (4/5-2022), kemarin di Payakumbuh.

Senada, mantan Ketua RW 03 kelurahan Limbukan Marjohan meminta pihak PDAM kota Payakumbuh segera mencarikan solusi agar air bisa mengalir kembali.

"Bagi kami warga, carikan solusinya agar air bersih ini tidak macet, sehingga warga tidak lagi resah," kata Marjohan yang juga mantan ketua LPM Limbukan ini.

Dikatakan, dulu sekitar tahun 1995 terjalin kerjasama antara pemko Payakumbuh dengan pihak Perumnas Kubang Gajah terkait pasokan air bersih tersebut. Waktu itu, disepakati dibangun tower air bersih pada dua tempat. Yakni, Padangbacang (sumber air- masuk dalam kabupaten Limapuluh Kota), dan satunya lagi di Perumnas Kubang Gajah.

"Dulu waktu Saya Ketua RW 03 ini, ada perjanjian pemko Payakumbuh dengan Perumnas Kubang Gajah. Waktu itu sepakat dibangun dua tower air bersih. Alhamdulilah, kedua tower itu sudah ada. Waktu itu ada petugas dari PDAM kota Payakumbuh di tower Padangbacang. Tugasnya menghidupkan dan mematikan air untuk untuk suplai air bersih ke tower di Kubang Gajah, dan air bersih itu mengalir lancar. Tapi, terkait perjanjian itu, saya tidak tahu lagi apakah berlaku sampai sekarang," terang Marjohan di amini oleh sejumlah warga lainnya yang kata mereka siap untuk membuat surat terbuka terkait masalah itu macetnya aliran air bersih tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sago Khairul Ikhwan saat dikonfirmasi melalui WhatsApp menuliskan bahwa, terkait air Perumnas Kubang Gajah yang sering macet karena di suasana hari raya, pemakaian air meningkat sehingga air sering macet, untuk jam pompa sudah di tambah, tetapi pasokan air tidak juga mencukupi, disarankan waktu air hidup agar menampung air," tulisnya melalui WhatsApp, Rabu (4/5-2022) pukul 18.25, kemarin. (Tim)
 
Top