Ketua MPC Kota Padang, Boni saat bersama PAC Kuranji

JA.com, Padang (Sumatera Barat)-- Musyawarah Wilayah (Muswil) Sumatera Barat Pemuda Pancasila (PP) yang ke VIII di Bukittinggi, 30 -31 Mei 2022 dan pemilihan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) telah dipersiapkan oleh panitia pelaksana secara maksimal.

Hal ini dikatakan Irfandi selaku Ketua Pelaksana, bahwa acara muswil pemuda pancasila di gedung Bung Hatta Tri Arga Bukittinggi telah dipersiapkan dan cukup menampung para kader yang ikut dalam pemilihan dan para undangan, sekarang tinggal menunggu momen acaranya saja." jelasnya melalui handphone. (25/5/22).


Terkait dengan pemilihan ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Sumbar di Muswil nanti, Agusman (Man BL) salah satu unsur dari Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) juga mantan Dankoti Pemuda Pancasila wilayah sumbar mengatakan, untuk pemilihan ketua MPW harus dari kader organisasi yang telah bersertifikat Diklat Kaderisasi, sebab sertifikat itulah sebagai referensi untuk menjalankan organisasi." jelasnya pada jurnalandalas.com.

Tambahnya, calon ketua juga pernah menjabat sebagai ketua di organisasi dan sesuai dengan AD ART organisasi PP. Hal ini harus diketahui syarat-syaratnya oleh panitia penerima calon ketua tersebut, bukan calon ketua atau kader yang 'naik dijalan'. tegas Agusman di salah satu kafe di kota padang.

Ketua Independen dari Kader

Yudha Putra, ketua Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga (PPM) kota padang menjelaskan, dalam sebuah organisasi telah tersistim yang dituangkan dalam AD ART baik menjalankan organisasi maupun pengkaderannya. Di organisasi harus ada kader-kader yang diciptakan baik secara organisasi maupun secara pelatihan diklat.

Menanggapi pemilihan ketua di organisasi Pemuda Pancasila, Yudha mengatakan Ketua terpilih harus dari kader, bukan calon dari luar kader organisasi yang sesuai dengan AD ART organisasi tersebut. Untuk Ketua MPW Pemuda Pancasila nantinya, saya melihat Roy Madae Oka (Boni) sebagai kader militan dan sudah terbukti dua periode sebagai ketua MPC kota padang, Boni menjalankan program organisasi semakin baik dan menggeliat, karena Boni fokus dengan organisasi tersebut.

" Lain halnya dari calon ketua bersandang atau bercampur untuk kepentingan politik, tentu kebutuhan organisasi dibawa ke politik. Maka Boni layak dipilih oleh kader-kader pemuda pancasila sebagai ketua MPW nantinya."tegas Yudha.

Mengenai kader organisasi, Bobby
Sujaryanto Ketua DPD IB Pekat Kota Padang juga menjelaskan, bahwa kader di organisasi sangat penting, untuk pemilihan ketua harus dari kadernya sendiri, sebab jika bukan dari kader untuk apa struktural organisasi mulai dari kecamatan sampai tingkat provinsi atau wilayah.

Dikatakan, gunanya kader-kader akan lebih memahami bagaimana berorganisasi apalagi kader yang sudah dididik secara diklat dan bersertifikat sehingga kader yang telah mencapai jabatan tertinggi sebagai ketua di wilayah, dia akan tau bagaimana menjalankan organisasi dari tingkat bawah." ujarnya. 



** micke **

 
Top