Galau nan menimpa Tesi Andriani takut gagal masuk bangku kuliah di IAIN Bukittinggi sirna sudah. Rona muka yang tadi memucat tampak berdarah lagi. Tak jauh berbeda dengan kedua orang tuanya. Hari ini, mereka terlihat sumbringah, bahagia yang terpancar jelas dari raut wajah mereka.

Laporan Med Gazisul-Limapuluh Kota

Jelang senja, disebuah rumah bercat putih suci, tepatnya di nagari Kototangah Simalanggang, kecamatan Payakumbuh. Yah, disebuah ruangan tamu besar milik tokoh Sumbar Irfendi Arbi, Tesi Andriani menerima langsung sejumlah uang untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), dari tuan rumah nan dermawan itu.

Sebelumnya, mengacu kepada berita yang diterbitkan jurnalandalas.com tertanggal 16 mei 2022 dengan judul Tesi Andriani : Saya Ingin Kuliah, spontan sosok nan digadang-gadang bakal calon gubernur Sumbar mendatang Irfendi Arbi langsung respon. Ia, langsung mengundang Tesi dan keluarga kerumahnya, di nagari Kototangah Simalanggang kecamatan Payakumbuh. Tidak itu saja, untuk UKT sepenuhnya ditanggung pihaknya.

"Uang UKT ini yang bisa Bapak berikan. Mudah-mudahan bermanfaat. Yang penting ananda Tesi harus kuliah, gapailah cita-cita agar kelak berguna buat keluarga dan agama," kata Irfendi Arbi jelang senja itu.

Tokoh Sumbar Irfendi Arbi ini tidak mau berkomentar banyak. Ia, hanya meminta agar Tesi saat menimba ilmu di bangku kuliah nanti untuk sholat, mengaji giat belajar. Tak kalah pentingnya, jangan pacaran dulu, agar kuliah berhasil gemilang.

"Kalau sudah kuliah nanti, jangan pacaran dulu raihlah cita-cita mu Tesi. Dirikan Sholat, jangan lupa mengaji lalu, berdoa," harap Irfendi Arbi kepada Tesi Andriani jelang senja itu di Kototangah Simalanggang, kecamatan Payakumbuh, Limapuluh Kota.

Tesi Andriani didampingi Ayahanda Darul Husni saat berada dirumah bercat putih, disebuah ruangan tamu besar, tampak tersenyum bahagia. Sesekali Tesi tertunduk. Tak lama antaranya ia, menatap keluar ruangan sembari tersenyum. Tak ada lagi kata-kata apa yang akan mereka sebut. Lidahnya terasa kelu. Hanya raut wajah bahagia terlihat jelas.

"Hanya ucapan terimakasih yang bisa Tesi ucapkan, Pak. Harapan Tesi, Bapak dan keluarga sukses selalu. Semoga Allah SWT membalasi dengan amalan yang setimpal atas bantuan yang amat sangat berarti ini kepada Tesi," kata Tesi yang diamini Darul Husni dan Detti Yeni.

Kepada Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021 Irfendi Arbi, Tesi berjanji akan mengikuti segala nasihat dan petunjuk diberikan. Terkait, uang UKT yang sudah dikantonginya, Tesi dan Ayahanda Darul Husni akan langsung mensetorkannya ke Bank yang sudah ditunjuk oleh pihak IAIN Bukittinggi.

"Habis dari sini, Insyaallah kami akan langsung mendaftar untuk masuk IAIN jurusan Pendidikan Agama Islam. Uang ini langsung kami setorkan melalui BNI sesuai petunjuk pihak kampus," kata Darul Husni (53) ayahanda Tesi Andriani di nagari Kototangah Simalanggang, kecamatan Payakumbuh Senin (16/5/2022), jelang senja itu.

Menurut Tesi, kalau bukan karena bantuan yang diberikan Irfendi Arbi, alamat takkan jadi dirinya untuk menimba ilmu dibangku kuliah. Sebab, jika tidak segera mendaftar ulang, tentu saja dengan membayar UKT, sesuai dengan limit yang ditentukan pihak IAIN Bukittinggi, dipastikan ia tidak kuliah disana. Beruntung, ada seorang dermawan yang terketuk hatinya untuk itu.

"Pak. Sekali lagi, Tesi mengucapkan ribuan terima kasih kehadapan Bapak. Tesi janji senantiasa mendoakan Bapak, agar sukses dan mendapatkan amalan setimpal dari bantuan ini," ujar Tesi sambil pamit dengan mata berkaca saking bahagia dan terharunya. (***)
 
Top