JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Jajaran Palang Merah Indonesia Kabupaten Pasaman Barat, berusaha serta bertekad menjadi terdepan dalam menghadapi situasi tanggap bencana di daerah itu.

Ketua PMI Pasbar H Risnawanto SE, saat menerima anugerah penghargaan dari Tuanku Bosa Talu ke-XV, Ir H Jhonny ZA MM.SI, menegaskan, pihaknya berusaha menjadi terdepan. "Sebagai penggiat kemanusiaan mitra pemerintah, PMI akan turun ke seluruh lini agar percepatan pemulihan pasca gempa bisa berjalan lancar," tegas Risnawanto yang juga Wakil Bupati Pasbar ini.

Lebih lanjut, adalah dengan melakukan reaksi cepat penanganan pada saat terjadinya gempa, berusaha menyediakan kebutuhan dasar masyarakat seperti air bersih, tenda darurat dan hunian sementara.

Menurutnya, khusus untuk ketersediaan hunian sementara, saat ini PMI sudah berhasil menyelesaikan sebanyak 300 unit hunian bagi masyarakat terdampak, dengan mengandalkan donasi berbagai pihak lainnya yang peduli.

"Jumlah tersebut belum termasuk hunian dan bantuan baik pangan maupun non pangan lainnya  yang disalurkan kelompok relawan kemanusiaan lainnya yang berusaha maksimal bersama-sama bahu membahu memberikan bantuan kepada masyarakat," urainya.

Ia berharap, kerjasama bidang kemanusiaan yang sudah ditunjukkan secara berani oleh segenap relawan dan seluruh penggiat kemanusiaan dalam menghadapi situasi kebencanaan di daerah itu dapat dilanjutkan dan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi setiap individu yang mengalaminya.

"Mari kita gelorakan semangat membantu sesama sesuai nilai-nilai kemanusiaan yang tak hanya telah dituangkan dalam konsensus internasional tapi juga diwajibkan dalam setiap ajaran agama," tutupnya.

Sebelumnya, dinilai sukses dalam menangani dampak bencana gempa bumi 6,2 SR yang menimpa Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Tuanku Bosa Talu ke-XV, Ir H Jhonny ZA MM.SI, memberikan apresiasi berupa penyerahan penghargaan selaku Raja Kabuntaran Talu, Kamis (26/5/2022).

Pantauan jurnalandalas.com menyebutkan, penghargaan tersebut diserahkan di Rumah Gadang Tuanku Bosa kawasan Koto Dalam Talu, kepada Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat H Risnawanto SE beserta jajaran pengurus PMI Kabupaten itu.

Kemudian Dandim 0305/Pasaman Letkol Kav Hary Bakti, yang merupakan Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Pasaman Barat, diwakili Danramil 03 Talu Kapten CHB Maidarlis Asdar. Lalu, Kapolres Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto SIK MM, diwakili Kasat Bimmas Polres Pasaman Barat, AKP Jasmardi SH dan Kapolsek Talamau, AKP Junaidi SH.

Tidak hanya institusi pemerintah dan lembaga kemanusiaan, apresiasi juga diberikan kepada LAZIS Darul Hikmah Pasaman Barat yang diterima oleh Ustadz Abdul Hadi LC dan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang diterima oleh Kepala Cabang ACT Pasbar, Ahmadiar. (WZ-MG)
 
Top