JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar, Nomor Urut Satu (1) yakni H. Hamsuardi dan H. Risnawanto (HamRis). Menjadi calon  kecenderunganya paling disukai masyarakat. Dimana sebanyak 50,69 persen masyarakat Pasbar suka dengan HamRis.

Hal itu berdasarkan hasil survei Sumatera Barat Leadership Forum (SBLF) Riset. Hamsuardi-Risnawanto menjadi calon paling disukai berdasarkan survei yang dirilis SBLF, Sabtu (5/12).

Sementara itu, Direktur SBLF, Edo Anderson menyebutkan, survei dilaksanakan pada November dengan melibatkan 800 responden. 

"Ada 50,69 persen dari total 800 responden yang kami tanyakan menyukai karakter dan program ditampilkan Paslon Hamsuardi-Risnawanto," ungkap Edo.

Dimana menurutnya Hamsuardi menjadi figur yang paling disukai karena profil dan karakternya. Profil dan karakter Hamsuardi yang seorang birokrat senior diyakini masyarakat sudah mengetahui seluk-beluk pemerintahan. 

"Hamsuardi dikenal masyarakat sebagai sosok yang santun dan merakyat yang tampil dengan berpeci putih haji. Hal ini menjadi daya tarik kesukaan warga terhadap pasangan ini. Lanjut Edo.

Lebih lanjut dikatakanya bahwa Risnawanto juga menjadi calon wakil bupati yang paling disukai karena pernah menjadi Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2005-2010. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Pasaman Barat, 2014-2015 yang berpengalaman dan dekat dengan masyarakatnya.

Selain itu, faktor dukungan partai Islam dan nasionalis, yaitu PKS, PAN dan PDIP membuat semangat keberisalaman pasangan Hamsuardi-Risnawanto tidak perlu diragukan lagi. Apalagi, dalam program unggulan paslon ini terlihat meneguhkan ABS SBK di nagari-nagari di Pasaman Barat. 

"Tingkat kesukaan dan keterpilihan paslon Hamsuardi-Risnawanto semakin menguat dengan dukungan Bapak Baharudin yang merupakan Bupati Pasbar 2 periode dan dukungan tokoh adat, agama dan etnis yang menaruh harapan kemajuan Pasaman Barat di tangan pasangan ini," tutup Edo.


* Sofyan Harahap *

 
Top