JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Solok Selatan baru saja selesai menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik kepada pewarta yang  melakukan peliputan di daerah setempat selama tiga hari 14-16 Desember, di kota Bukittinggi. 

Ketua pelaksana kegiatan, Rita Anggraini, dalam laporannya  mengatakan, kegiatan pelatihan Jurnalistik, sumber anggarannya dari APBD Solok Selatan yang merupakan kegiatan tahunan pada   Bagian Humas Sekretariat Pemerintah Solok Selatan. 

Sementara Kabag Humas Setdakab Solok Selatan, Firdaus Firman selaku pembuka acara pelatihan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik guna untuk  memberi motivasi bagi  pewarta agar lebih kreativ dalam menulis.

Dikatakannya Wartawan yang profesional  adalah wartawan yang secara  rutin menulis, sekalipun yang ditulisnya itu ada kesalahan-kesalahan, seperti penempatan tanda baca  titik,koma, maupun dalam penempatan  tanda petik.

Firdaus melanjutka bahwa terhitung pada Januari tahun 2021 anggaran publikasi akan dipindahkan ke Dinas Kominfo.

Untuk itu wartawan akan lebih banyak berinteraksi dengan Dinas Kominfo, sementara Bagian Humas akan fokus untuk mengurusi publikasi kepala daerah. 

Pelatihan jurnalistik yang berlangsung tiga hari itu   menampilkan tiga pemateri, tentang menulis yang efekti, dan menulis feature oleh Rifa Yanas lalu Tanti Endang Lestari tentang Peran Pers untuk mendorong Keterbukaan Informasi Publik selanjutnya tentang Fotografer oleh Erison J Kabari.

Untuk acara pelatihan tersebut terlibat sebagai moderator, Firdaus Firman, Hendrivon dan Afrizal Amir.   



* dirman *

 
Top