JA.com, Pasbar, (Sumatera Barat)- Untuk mempermudah dan mengefektifkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga pada prosesnya menjadi hemat waktu dan biaya serta selanjutnya mereka tinggal menjemput hasil penerbitan surat dan dokumen dari setiap urusan yang ada.

Untuk itu, Kemenag Pasaman Barat meluncurkan program pelayanan terbaru mereka di akhir tahun ini. Program tersebut yakni Pelayanan Terpadu Satu Pintu Administrasi Pelayanan Elektronik Online (PTSP APEL Online).

PTSP APEL Online merupakan bentuk penyelenggaraan pengurusan dokumen, perijinan dan nonperijinan, mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap penerbitan ijin atau surat, yang bisa dilakukan secara online.

Kelebihan program pelayanan tersebut yakni bisa mendaftar secara online, dan pelayanan tersebut dilaksanakan secara terpadu dalam satu tempat, sehingga masyarakat cukup datang ke satu tempat dan bertemu dengan petugas front office.

Program PTSP APEL Online Kantor Kemenag Pasbar diresmikan pada Selasa (4/12) oleh Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, S.Ag, M.Pd. dengan simbolis pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti di Kantor tersebut, yang menandai bahwa pelayanan ini resmi dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Pasaman Barat.

Lounching program pelayanan berlangsung di Balerong Kantor Bupati Pasbar, yang turut dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat Syahiran, bersama dengan sejumlah Kepala OPD, Forkopimda, dan Ketua Penggerak PKK Pasaman Barat.

Turut hadir jajaran dan satuan kerja kemenag, yang terdiri dari kepala madrasah se Pasaman Barat, Kepala KUA, Pokjawas, Pokjaluh, Guru PAI dan MGMP, Travel Umrah dan Pimpinan Bank di daerah tersebut.

Dalam kata sambutannya, Kakanwil H. Hendri memberikan appresiasi kepada Kemenag Pasbar, yang membuat langkah maju demi meningkatkan pelayanan maksimal, efektif dan efesien serta mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Hal yang sama juga diungkapkan Bupati Pasaman Barat H.Syahiran, yang berharap dengan adanya pelayanan tersebut, semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai urusan dan keperluan mereka dengan Kemenag.

"Kami berharap pelayanan PTSP Kemenag nantinya, bisa diselaraskan dengan pelayanan di Disdukcapil, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan bagi masyarakat kita dalam mengurus berbagai keperluan, semoga program ini bisa berjalan dengan baik nantinya", ujar Syahiran.

Sedangkan Kakankemenag Pasbar H. Miswan, menghimbau kepada Satker dan Jajarannya di tingkat Kecamatan untuk turut membantu dan mensosialisasikan program PTSP APEL Online tersebut kepada masyarakat.

"Pelayanan Terpadu Satu Pintu Administrasi Pelayanan Elektronik Online adalah juga untuk seluruh Satuan Kerja Kemenag, KUA dan Madrasah, mari kita sosialisasikan secara bersama kepada masyarakat, agar mereka dapat memanfaatkan pelayanan ini dengan baik", ujar H. Miswan.

Pada kesempatan ini, Kemenag Pasbar juga melaksanakan kegiatan Sapa Penyuluh dan Berkah (Belajar Rahasia Nikah) kepada 30 pasangan calon pengantin serta penyerahan bantuan rehab bangunan kepada MTsS Sikabau Kecamatan Koto Balingka. (Zein)
 
Top