JA.com Limapuluh Kota (Sumatera Barat)--Memperingati hari jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-68, IDI Cabang Payakumbuh-Limapuluh Kota menggelar pengabdian masyarakat. Kegiatan sosial bekerjasama dengan IDI Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota itu berupa pemberian pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di daerah terpencil di Kabupaten Limapuluh Kota.

Para peserta kegiatan pengabdian masyarakat itu dilepas Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi di aula Dinas Kesehatan daerah setempat didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Ketua IDI Sumatera Barat, dan ratusan dokter spesialis serta tenaga kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (4/12).

Ketua panitia, sekaligus ketua IDI Payakumbuh-Limapuluh Kota, Chairul Abdi mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memanfaatkan momen ulang tahun IDI ke 68, dengan bantuan dan dukungan dari IDI sumbar, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini kita membawa sejumlah dokter spesialis di Sumbar kepada masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, Hal ini bertujuan untuk menghadirkan dokter khususnya dokter spesialis ke tengah masyarakat kita. Sebab, selama ini kita ketahui tidak semua masyarakat kita didaerah ini yang bisa mendapat perawatan langsung dari dokter spesialis," ujarnya.
Dikatakannya, daerah yang akan dilakukan pengabdian masyarakat oleh IDI tersebut terfokus di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, yang nantinya kegiatan ini berjalan selama 2 hari.

"Nantinya kegiatan ini akan diadakan selama 2 hari dengan rincian dihari pertama kita bersama seluruh dokter spesialis akan memberikan pelatihan kepada seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota dan dihari kedua kita akan melakukan pengabdian masyarakat kepada  masyarakat di Nagari Simpang Kapuak," paparnya.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi mengatakan, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menyambut kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut. Ia berharap kegiatan ini terus berlanjut pada waktu berikutnya.

"Ini sangat membanggakan saya sangat senang dengan terselenggaranya kegiatan ini, Saya mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Ikatan Dokter Indonesia yang telah memilih Kabupaten Limapuluh Kota untuk acara pengabdian masyarakat ini," ujarnya.

Ia berharap pada hari jadi IDI ke-68 ini serta dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan IDI ini, peran dan fungsi dokter dapat ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat.

“,Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kita dalam pemenuhan kesehatan­nya, semoga dengan momen hari jadi IDI ke 68 ini dapat meningkatkan peran serta fungsi dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kedepannya,” pungkasnya.(gun)
 
Top