JA.com, Payakumbuh, (Sumatera Barat) --- Perkembangan kasus aktif Covid-19 di Payakumbuh terus menurun dan kembali menunjukkan tren positif beberapa hari terakhir ini, sehingga 26/06 lalu Kota Payakumbuh dinyatakan Zona Kuning berdasarkan data zonasi Provinsi Sumbar.

"Alhamdulillah, kasus aktif kita terus turun sekarang masyarakat kita yang positif tinggal 49 orang, mudah-mudah akan terus menurun dan kegiatan kita akan kembali berjalan normal," kata Kadinkes Kota Payakumbuh Bakhrizal kepada media, Selasa (29/06).

Meski demikian, dr. Bek sapaan akrab Kadinkes Payakumbuh tersebut, dari tracing yang dilakukan masih ditemukan tujuh penambahan kasus positif di Payakumbuh yang merupakan tracing dari beberapa hari sebelumnya yang hasil tes swabnya keluar hari ini.

"Hari ini ada seorang bayi baru lahir yang dinyatakan positif, bayi tersebut terpapar dari orang tuanya yang juga dinyatakan positif Covid-19," terangnya.

Dr. Bek mengatakan untuk mencapai target Payakumbuh ke zona hijau Bulan Agustus mendatang, Sesuai arahan Bapak wali kota untuk mempercepat pemberian vaksin covid kepada masyarakat, agar kasus tidak semakin berkembang di Payakumbuh.

"Mudah-mudahan masyarakat mau mempertahankan zona kuning ini dan secepatnya ke zona hijau, dengan harapan masyarakat secepatnya di vaksin agar herd immunity itu segera terbentuk," ucapnya.

Sementara empat orang yang dinyatakan bebas isolasi hari ini adalah :

1. DEBORA VIONISA, perempuan (23), Tiakar

2. RIZA ANDRIANI, perempuan (37), Tigo Koto Diate, BKD Kota Payakumbuh

3. AZKA DWI ALHAMDIKA, laki-laki (9), Padang Tiakar, Pelajar 

4. BONI SAPUTRA, laki-laki (30), Padang Karambia, Dosen UNP.

Sehingga sampai hari ini data untuk kota Payakumbuh didapati sebanyak 44 orang isolasi mandiri dirumah dan 5 orang dirawat di rumah sakit.

Lebih lanjut dr. Bek menginformasikan, berdasarkan data Dinkes sampai saat ini perkembangan kasus Covid-19 per RT untuk zona oranye tidak ada lagi di Payakumbuh.

Sedangkan untuk zona hijau terus meningkat dari kemaren jadi 26 Kelurahan dan sisanya masih zona kuning di Payakumbuh.

"Berdasarkan data, total RT yang terkonfirmasi sebanyak 29 dengan 30 rumah yang tersebar di 26 RW se Kota Payakumbuh," ungkapnya.


Serta untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah:

Suspek : 0, Kasus konfirmasi : 1541, Sembuh : 1466, Isolasi : 44,  Rawat : 5, Meninggal : 25, KE : 13, Discarded : 15.548, Total swab : 17.663


* Farhan *

 
Top