JA.com, Payakumbuh, (Sumatera Barat) --- Sebuah rumah panggung semi permanen terbakar hebat di kelurahan Padang Tinggi Piliang pada Senin (21/6) dini hari sekitar pukul 1.20 WIB tepatnya di sebelah Musala Almarhamah. Sontak kejadian itu membuat warga yang sedang tertidur lelap berhamburan keluar rumah dan melaporkan ke pemadam kebakaran.

Damkar Kota Payakumbuh langsung bergegas ke lokasi setelah mendapat informasi dari warga, kalau ada kebakaran terjadi pada rumah panggung milik Safnidar (76 tahun), nenek dari Chandra Hamzah KPK.

Kasatpol PP dan Damkar Devitra melalui Kabid Damkar Budy Kurniawan bersama Kasi Ops Eci dan Danton Indra Jaya memerintahkan Danru 1 Novianto Nizar untuk mengirimkan seluruh armada dan personil ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Dibantu 3 unit armada Damkar Kabupaten Limapuluh Kota.

Dari informasi yang media peroleh dari Kabid Damkar Budy Kurniawan, menurut keterangan saksi api berasal dari arah dapur. Personil damkar berjibaku dengan api selama 1,5 jam, dan beruntung rumah yang berbahan kayu tersebut tak rata dengan tanah.

"Alhamdulillah berkat kecepatan personil damkar rumah tidak habis semua dilalap si jago merah, syukurnya tidak ada korban jiwa," kata Budy.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat Kota Payakumbuh agar tetap waspada terutama rumah dan tempat usaha agar menyediakan alat pemadam api ringan sehingga jika terjadi kebakaran tingkat awal dapat segera diantisipasi secara langsung, serta diharapkan kepada warga agar mencek kembali instalasi yang sudah tidak layak pakai karena sebahagian besar kebakaran yang terjadi di Kota Payakumbuh karena adanya arus pendek instalasi listrik.

"Untuk quick response Pemadam Kebakaran Warga dapat menghubungi 0752-92913," pungkasnya. 


* Farhan *

 
Top