JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Ketua Fraksi PAN DPRD Solok Selatan (Solsel) Yendri Susanto menyadari potensi sumber daya mineral diperut bumi Solok Selatan  ini cukup melimpah, Izin Pertambangan Rakyat (IPR) merupakan solusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Secara geologis Solsel dikelilingi perbukitan dan sungai. Dan pekerjaan menambang emas secara konvensional umumnya sudah dilakoni oleh nenek moyang orang Solok Selatan sejak dulunya yang berdampak langsung pada ekonomi masyarakat. Legalitas tambang rakyat adalah suatu solusi, sebut Yendri, Senin (14/6/2021).

Wakil rakyat politikus PAN itu  dengan adanya izin atau legalitas Tambang Rakyat di Solok Selatan, sebelum memulai ekploitasi tentunya seluruh aspek dikaji terlebih dahulu. Seperti dampak lingkungan, keselamatan kerja dan dampak negatif yang akan timbul. 

"Nah, setelah IPR keluar baru masyarakat bisa melakukan penambangan secara aman karena pengelolaan potensi sumberdaya mineral yang dieksploitasi telah berizin. Dan hal ini bakal berdampak ekonomis terhadap masyarakat dan daerah karena potensi sumber pemasukan daerah berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa dimaksimalkan. Secara hukum, masyarakat tidak lagi dihantui perasaan was-was dalam bekerja," papar Yendri.

Pihaknya mengaku untuk memperoleh ITR suatu tantangan yang cukup berat, namun apabila semua elemen duduk secara bersama mencarikan solusi maka tantangan itu bukan tidak mungkin menjadi nyata. "Mulai dari Ninik mamak, tokoh masyarakat, Perantau, Bundo kanduang, para pemuda dan cadiak pandai hingga pemerintah tingkat desa sampai kabupaten serta lembaga legislatif duduk bersama," terangnya.

Setelah legalitas itu keluar, kata Yendri, masyarakat tidak lagi disebut  penambang liar yang akan merugikan negara. Tentunya masyarakat tidak lagi khawatir ditangkap maupun berurusan dengan penegak hukum.

"Pengelolaan tambang rakyat bisa melalui BUMD atau Perusda. Pemerintah harus memfasilitasi dan melakukan pembinaan dengan melegalkan usahanya untuk peningkatan ekonomi masyarakat yang bermuara pada  pendapatan negara" terangnya.


* dirman *

 
Top