JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) Peringati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021, Badan Narkotika Nasional  (BNNK) Kab, Pasaman Barat bersama Pimpinan Kepala Daerah, berharap Pasbar Terbebas dari Narkoba. Penutupan acara di laksanakan vidcom di Ruang Balkon Kantor Bupati Pasbar, Senin (28/6).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala BNNK Kabupaten Pasaman Barat Irwan Effenry, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan jajaran Forkopimda. Dandim 0305 Pasaman, Kapolres Pasaman Barat yang diwakili oleh Kasat Narkoba, Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Ketua Pengadilan Agama Pasaman Barat, Kesbangpol Pasaman Barat.

Kepala BNNK Pasbar Irwan Effenry, SH mengatakan perlu ada sinergi seluruh nagari untuk melawan narkoba. tema peringatan HANI yakni War on Drugs yang berarti perang melawan narkoba di masa pandemi Covid-10 menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR).

“Peringati HANI sejatinya dilakukan tanggal 26 Juni setiap tahun untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba, Kita menyesuaikan agenda Kenegaraan pada hari Senin tanggal 28 Juni dilaksanakan Peringati HANI serentak se Indonesia” katanya.

Lebih lanjut Kepala BNNK Pasaman Barat , menyebutkan program Bersinar tersebut nantinya akan melahirkan peraturan nagari. Kedepannya kita dorong Pihak Nagari untuk membuat peraturan nagari itu akan didorong agar badan musyawarah (bamus) masing-masing daerah dapat melahirkan suatu aturan hukum sosial dan hukum adat.

“Dengan adanya peraturan nagari ini nantinya, akan sedikit mempersempit ruang gerak peredaran gelap narkotika terutama di Pasaman Barat”, ujar Irwan.

“Kita ucapkan juga terimakasih pada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan pemberantasan dan sosialisasi Anti Narkoba. Pada pihak Bank Mandiri dan BRI Simpang Empat telah mensosialisasikan melalui spanduk dan baliho,” ucap Irwan.

Dalam sambutannya Bupati Hamsuardi mengajak Wali Nagari dan masyarakat Pasaman Barat untuk mendukung program Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Hal ini dilakukan untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

“Narkoba harus kita berantas di Pasbar, baik tingkat kabupaten hingga pelosok nagari yang ada, karena ini adalah musuh kita bersama. Narkoba dapat merusak masa depan penerus bangsa kita,”kata Hamsuardi.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjutnya, BNNK dan aparat kepolisian tidak akan mampu memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika tersebut. Perlunya kerjasama semua pihak untuk bahu-membahu dalam mewujudkan Pasaman Barat yang bersih dari Narkotika.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, kita himbau kepada ninik mamak, alim ulama, candiak pandai, tokoh masyarakat, pemerintah nagari, pemerintah daerah serta pemerintah vertikal lainnya untuk membantu mempersempit ruang gerak pengedaran narkoba di daerah kita ini,” imbuhnya.

Kepada generasi muda yang sedang mencari jati diri agar senantiasa menjauhi narkoba. Terus semangat untuk mencapai impian.Kegiatan HANI juga dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor BNNK Pasaman Barat yang diikuti oleh Kasubbag Umum, Sub Koordinator P2M, Sub Koordinator Rehabilitasi dan Plt Kasi Pemberantasan beserta seluruh personil ASN dan TKK pada BNN Kabupaten Pasaman Barat.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 Wib dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan paparan Kepala BNN RI serta sambutan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam kegiatan tersebut kembali ditekankan bahwa pemerintah pusat menyatakan perang terhadap narkoba, BNN sebagai leading sector harus bekerja lebih keras dalam menangani permasalahan narkotika dengan program bersih Bersinar.


* Ali/Sofyan H *

 
Top