JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Pemerintah Kabupaten Pasbar melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pasbar mulai melakukan seleksi Dai Nagari yang akan ditempatkan di setiap jorong yang ada di Pasbar.  Seleksi digelar selama dua hari yakni Senin dan Selasa di Aula kantor bupati setempat, (21-22/6).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Pasbar Hendrizal, mengatakan seleksi calon Dai tersebut dilakukan untuk mendapatkan Dai  Terbaik yang akan ditempatkan di masing-masing Nagari, untuk mendukung Visi Misi Kepala Daerah Pasbar di bidang keagamaan.

"Mulai hari ini diadakan seleksi, baik Dai yang lama maupun yang baru semua akan dijaring oleh pihak yang berkompeten di bidangnya. Dalam pelaksanaan ini kami menugaskan sebanyak 6 orang tim seleksi untuk melakukan penyeleksian yang berasal dari bagian Kesra, Kesbangpol, dan Kemenag," jelas Hendrizal.

Ia menambahkan, tim seleksi Dai Nagari nantinya akan menggali potensi yang ada di setiap Dai. Terdapat Empat potensi Dai Nagari yang akan di gali dan dinilai. 

"Pertama Dai Nagari akan diuji terkait dengan khutbah Jum'at atau sebagai khatib Jumat. Kedua Dai Nagari akan diuji tentang pemahaman penyelenggaraan jenazah. Ketiga Dai Nagari akan diuji tentang bacaan Alquran, karena Dai Nagari juga sebagai koordinator MDA ataupun TPA di wilayah masing-masing. Ke empat Dai Nagari akan diuji tentang sholat dan seluk-beluknya. Itu lah materi ujian yang kita uji kepada calon Dai Nagari,"ujar Hendrizal.

Dai Nagari yang di uji tersebut, lanjut Hendrizal, adalah berdasarkan rekomendasi yang diajukan oleh wali nagari. Dan Seleksi Dai Nagari dilakukan  berpedoman kepada protokol kesehatan Covid-19.

"Dai Nagari wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan handzanitaizer," tutup Hendrizal.


* Ali/Sofyan H *

 
Top