JA.com, Payakumbuh, (Sumatera Barat) --- Selain memberikan pelayanan pemadaman api, Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh juga melayani evakuasi hewan berbahaya dan penyelamatan jiwa. Termasuk yang terjadi pada Selasa (29/6), seekor ular tikus berukuran cukup besar dievakuasi dari kantor Kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat. Damkar mendapat laporan dari orang kelurahan kalau ada ular di dalam mesin printer.

Kabid Damkar Budi Kurniawan melalui Kasi Ops Eci SH dan Danton Indra Jaya menginstruksikan Danru 1 Novianto Nizar mengirimkan armada dan personil ke lokasi untuk melakukan penangkapan.

Petugas melakukan pengecekan lokasi, mengamankan area, mempersiapkan peralatan, dan melakukan penangkapan. Berselang 15 menit saja, ular sepanjang 1,5 meter itu berhasil dievakuasi. 

"Petugas tetap memakai alat pelindung diri (APD), stick snake, dan box, ini standar operasional prosedur kita," kata Kabid Damkar Budi kepada media.

Budi juga menambahkan warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan kepada hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. 


* Farhan *

 
Top