JA Sarolangun, Pengurus OSIS SMAN 7 Sarolangun menggelar kegiatan literasi bertajuk workshop jurnalistik dalam ruang lingkup internal sekolah. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta (siswa/i) dan tetap mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Senin (21/6).

Terkait kegiatan workshop jurnalistik, Kepala sekolah SMAN 7 Sarolangun mengatakan, bahwa peserta workshop jurnalistik juga diikuti oleh siswa - siswi dari sekolah lain,

" Kegiatan workshop jurnalistik ini terdiri dari 30 orang peserta bukan hanya dari sekolah kita saja melainkan juga diikuti oleh siswa utusan dari sekolah lain. Dan Kegiatan literasi ini dilakukan secara luring (satu hari). Dalam pelaksanaan kegiatan, kita menghadirkan narasumber dari jurnalis dari media Radar Nusantara dan Media online Netizen ". Jelas Defnedi,S.Sn.M.Sn Kepsek SMAN 7 Sarolangun.

Defnedi juga menyampaikan, peserta kegiatan literasi (workshop jurnalistik) mempelajari kegiatan dasar jurnalistik seperti wawancara, penulisan serta pengambilan gambar.

Sementara itu, Narasumber Ahmad Fuady (Media Radar Nusantara) dan juga ketua Persatuan Wartawan Sarolangun (PWS) mengatakan, melek media dan memahami informasi harus diperkenalkan sejak dini,

"Apapun bentuk kegiatan tidak terlepas dari informasi. Dan informasi yang diperoleh tentu tidak dapat dipisahkan dari kegiatan jurnalistik. Jadi disini kita sedikit berbagi atau bisa dikatakan pengenalan dalam hal aktifitas kegiatan jurnalistik. Seperti penulisan, wawancara serta pengambilan gambar". Terang Ahmad Fuady Ketua PWS.

Ahmad Fuady menambahkan, Perkembangan informasi sangat pesat serta tak terbendung. Untuk itu masyarakat dirasa perlu melek media dan dipersiapkan untuk mengenal dunia informasi terutama pelajar. Tentunya harus dengan mengenal aktifitas jurnalistik itu sendiri supaya bisa menjadi filter serta mampu mengimbangi derasnya pengaruh informasi pada zaman modern saat ini. (nal)

 
Top