JA.com, Pasaman (Sumatera Barat) ---Sebanyak empat belas orang Dokter Internship dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera, hari ini mengakhiri masa tugasnya di RSUD Lubuk Sikaping. Begitu mengharukan acara perpisahan yang dilaksanakan di aula RSUD Lubuk Sikaping, karena sudah begitu dekatnya ikatan emosional dari para dokter internship dengan keluarga besar RSUD Lubuk Sikaping, Kamis (31/10).

Dokter internship merupakan program pemantapan setelah lulus dari studi pendidikan kedokteran di masing-masing universitas. Program ini dilaksanakan oleh kementerian kesehatan, sebagai tujuan agar dokter lulusan terbaru dapat menjadi dokter yang pandai dan mandiri dalam melakukan praktik kedokteran. Selain itu program internship sebagai salah satu solusi pemerataan dokter di Indonesia.

Program ini dilakukan selama 1 tahun, baik di rumah sakit maupun Puskesmas. Selama satu tahun dokter lulusan terbaru melakukan pengabdian dibawah supervisi dokter senior. Sehingga pembelajaran yang dapat diberikan bukan hanya seputar dunia kedokteran tetapi lebih luas dari itu dapat berupa pelajaran sosial kemasyarakatan, program - program kesehatan yang lebih aplikatif dalam kehidupan sehari hari.

Menurut dr. Dedi salah seorang dokter internship yang bertugas di RSUD Lubuk Sikaping, ketika di wawancari jurnalandalas.com mengatakan, "Pada program internship dokter Indonesia periode tahun 2018-2019, Pasaman kehadiran 14 dokter lulusan terbaru dari berbagai universitas mulai dari Universitas Baiturrahmah, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Sumatera Utara dan Universitas Muhammadiah Sumatera Utara" ucap Dedi.

"Dikarenakan banyaknya dokter intenship dari luar Sumatera Barat menyebabkan pembelajaran komunikasi efektif menjadi cukup penting selama melakukan pengabdian" lanjut Dedi.

"Dan tidak terasa hampir genap 12 bulan kami telah melakukan pengabdian di RSUD Lubuk Sikaping dan Puskesmas Lubuk Sikaping, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Kita semua berharap dokter lulusan terbaru dapat menajadi dokter handal dalam menyehatkan Indonesia" tutup Dedi. (RKL).
 
Top