JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat)
Pembangunan  kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat untuk terwujudnya derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. Ke depan diharapkan terus turunya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lainnya di daerah ini.
Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten Ekonomi Sekretariat  Daerah Fitma Indrayani, SH dalam acara pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota di Kecamatan Guguak tahun 2019 di di Lapangan Bola Kaki Tanjung Jati VII Koto Talago Kecamatan Guguak, Kamis (17/10).
“Mari kita budayakan hidup sehat. Sebab, dengan meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah karena penanganannya butuh biaya besar. Selain itu, kasus PTM juga akan menyebabkan hilangnya potensi sumberdaya manusia dan menurunnya produktifitas yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi,” terang Fitma.
Dikatakan, GERMAS sesungguhnya telah mulai dilaksanakan tahun 2016 dengan tiga fokus, yaitu : lakukan aktifitas fisik secara teratur, konsumsi sayur dan huah setiapa hari, cek kesehtan secara teratur, namun berdasarkan instruksi Presiden RI nomor 1 Tahun 2017 menjadi tujuh fokus dengan menambahkan fokus tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, membina lingkungan sehatserta terakhir   mengelola stress.
Fitma juga menegaskan pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat dan memberikan tanggungjawab menjaga diri  sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif, karena sehat dalah milik kita, tidak pandang usia,  hingga lanjut usia harus cinta sehat.
Ayo hidup sehat lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi sayur dan buah setiap hari, agar sehat dan cerdas, serta cek kesehatan secra rutin untuk mengontrol tekanan darah, gula darah, kolesterol yang ada dalam tubuh kita” ajak Fitma.
Sebelumnya pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang ke tiga kalinya di di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2019 ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota Widya Putra, S.Sos, M.Si. Acara ikut dihadiri unsur Muspika Guguak, serta ratusan masyarakat dari berbagai elemen.
Acara ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama yang dimulai oleh Sekda Widya Putra disusul berbagai elemen masyarakat lainnya. Berikutnya dilanjutkan dengan pemerikasaan kesehatan gratis untuk  100 orang  staf yang ada di lingkungan pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota. (gun)
 
Top