JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemkab Solok Selatan (Solsel) merealisasikan janjinya untuk mengumrohkan dua kafilah lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Tingkat Sumatera Barat 2019 yang berhasil meraih medali emas untuk daerah itu.

"Setiap kafilah yang meraih medali emas, selain mendapatkan bonus Rp. 25 Juta juga kita berangkatkan ibadah umroh. Ada dua kafilah yang berhasil mengharumkan nama daerah yakni, Mutia Rahmi dan Rahmi Novira Putri," kata Bupati Solsel Muzni Zakaria saat menyerahkan hadiah tersebut, Kamis (24/10).

Menurut Muzni, tidak hanya kafilah yang meraih medali emas diberi hadiah, tetapi melainkan seluruh kafilah diberikan bonus.

 "Baik yang meraih juara II, III hingga peserta non peringkat. Termasuk pelatih atau official, dengan total bonus Rp. 210,3 Juta," ungkapnya.

Muzni juga mengatakan bahwa saat ini Pemkab sedang merancang Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pesantren Masuk Sekolah. Perbub ini katanya, mewajibkan bagaimana dalam sekolah-sekolah di Solsel memiliki program ekstrakurikuler keagamaan, seperti hafiz quran, sholat jenazah dan lainnya.

"Program ini diharapkan dapat menghasilkan generasi masa depan Solsel yang lebih dekat dan cinta dengan agama," harapnya

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Solsel menambahkan, jatah umroh dari pemerintah terhadap kafilah diberikan dalam bentuk uang. Masing-masing kafilah yang menyumbang medali emas buat Solsel diganjar bonus sebesar Rp 55 juta. Sebanyak Rp 25 juta berbentuk bonus dan Rp 30 juta berupa hadiah umroh.

"Sengaja kita berikan dalam bentuk uang agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Karena salah satu dari dua kafilah yang dapat jatah umroh sudah pernah menunaikan ibadah tersebut. Namun begitu, Harapan kita bonus itu dapat dipakai buat umroh lagi," katanya.

Selain dari dua kafilah yang diumrohkan itu, sebanyak 12 peserta MTQ asal Solsel juga dapat bonus. Juara dua diberi Rp 20 juta, juara III dapat bonus Rp 15 juta. Sementara, untuk peserta juara II, III eksebisi dan harapan I, II dan III diberi bonus dari Rp 3 sampai 5 juta.

Lalu ada pula peserta non peringkat sebanyak 35 orang diberi bonus Rp 500 ribu masing-masing. Kemudian, terdapat 16 pelatih atau official juga diberi bonus masing-masingnya sebesar Rp 425 ribu. Total katanya, Pemkab menyediakan dana bonus itu sebesar Rp 210,3 juta.

Pada MTQ ke 38 Sumbar, Solsel berada di peringkat 12 dengan poin 14, dan berbagi tempat dengan Kabupaten Pesisir Selatan dan Limapuluh Kota yang meraih poin sama.(rilis/humas)*.
 
Top