JA.com, Tanah Datar (Sumatera Barat)--Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati dr. Ermon Revlin Launching Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Rabu (30/10) di lapangan bola kaki Cubadak Randah Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara.

dr. Ermon Revlin mengatakan, untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah mencanangkan Gerakan Peduli Sehat (Geliat) pada 16 Februari 2017 lalu. Berbagai program Geliat hendaknya dilakukan untuk mencapai masyarakat sehat.

"Gerakan Geliat seperti timbang balita secara rutin, berikan aksi eklusif untuk bayi, berhenti merokok, lakukan imunisasi, makan makanan bergizi dan hubungi petugas kesehatan untuk persalinan ataupun untuk permasalahan kesehatan lainnya,” ujar Ermon.

Sesuai tujuan Germas, tambah Ermon, diharapkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat akan semakin baik lagi. Motivasi masyarakat untuk beraktivitas fisik, makan sayur dan buah serta cek kesehatan secara teratur.m

Sementara itu Kadis Kesehatan Provinsi Sumbar diwakili Kasi Kesling Kerja Resmanto menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Tanah Datar atas pelaksanaan acara launching Germas.

“Kegiatan hari ini sebagai pergerakan masyarakat sebagai implementasi kampanye Gerakan Masyarakat Sehat. Alhamdulillah berlangsung meriah dengan antusias yang tinggi dari masyarakat, ini tentunya harus disampaikan apresiasi,” ujarnya.

Resmanto menambahkan, Indonesia saat ini telah mengalami perubahan pola penyakit atau epidemiologi yang ditandai meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Penyakit tidak menular semisal penyakit jantung, stroke, diabetes, hipertensi dan lainnya berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2013 didapat karena pola hidup tidak sehat seperti merokok, kurang aktivitas fisik dan malas konsumsi sayur dan buahan, maka diluncurkan Germas untuk merubah perilaku itu sehingga masyarakat bisa lebih sehat lagi," tutupnya. (MG)
 
Top