JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemkab Tanah Datar berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Tertinggi, Swasti Saba Wistara 2019, di penghujung tahun ini. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, disaksikan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Gedung Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11).

"Alhamdulillah, Swasti Saba Wistara dapat kita raih, terima kasih dukungan semua pihak yang telah bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk meraih prestasi ini, kalau ada kemauan jadilah apa yang diharapkan, terima kasih khusus untuk Tim Kabupaten/Kota Sehat dan Forum Kabupaten Sehat yang telah bersungguh-sungguh sehingga penghargaan ini dapat diraih," kata Bupati Irdinansyah.

Didampingi Kadis Kesehatan, dr. Yesrita Zedrianis dikatakannya, penghargaan tersebut selayaknya menjadi pemicu untuk meningkatkan sektor kesehatan di masa mendatang. Tugas kita mempertahankan prestasi ini, mudah-mudahan komitmen dan kebersamaan bisa dijaga untuk mewujudkan hal tersebut.

“Ke depannya untuk mempertahankan, kita perlu memulai pola hidup sehat dari rumah tangga sehingga kita lebih mandiri, dan akan disampaikan kepada semua OPD,” harap Bupati Irdinansyah.

Sebelumnya Menkes RI, dr Terawan Agus Putranto sampaikan, penghargaan kabupaten sehat diberikan pemerintah pusat ke daerah sebagai apresiasi penyelenggaraan program kabupaten sehat yang berkesinambungan.
Penilaian mengacu indikator pokok dan indikator tatanan dengan berbagai inovasi yang melibatkan peran aktif masyarakat dan dukungan pemerintah dalam kapasitas sebagai tim pembina program Kabupaten/Kota Sehat.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Tanah Datar Muhammad Yasin juga sampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan partisipasi Forum masyarakat, seluruh OPD yang terkait dan kepada para camat, Kepala Puskesmas, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat, Wali Nagari, Pokja Nagari, tokoh masyarakat, tokoh agama serta semua pihak yang sadar akan pentingnya kesehatan sehingga di tahun 2019 ini Kabupaten Tanah Datar mendapatkan penghargaan Kabupaten Kota Sehat Kategori Swasti Saba Wistara.

Penyerahan penghargaan diberikan kepada enam gubernur, 177 bupati, dan wali kota, serta tiga orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat. (MG)
 
Top