JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)-- Pemko Payakumbuh mengadakan rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) dengan tema Gerakan mendukung akses permodalan/keuangan mikro petani dalam mendukung pengembangan ketahanan pangan, di salah satu hotel di Payakumbuh, Rabu (20/11).

Kegiatan dibuka Wali kota Payakumbuh, diwakili staf ahli Syahril. Turut hadir Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat Yuwarsyah, Kepala Dinas Ketapang Edvidel Arda, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank BRI, dan Bank Nagari serta seluruh stakeholder terkait.

Wali kota Payakumbuh Riza Falepi melalui Syahril mengatakan, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan ketersediaan bahan pangan melalui sektor pertanian.

"Dewan ketahanan pangan dapat memberikan aksi nyata melalui koordinasi dan pengendalian dan pemeliharaan ketahanan pangan nasional dan daerah, kita yakin di Payakumbuh bisa merealisasikan hal tersebut secepatnya," katanya.

Dikatakan Syahril, pemerintah juga ingin agar petani dapat bantuan akses permodalan dari BUMN dan BUMD setempat, dimana DKP memberikan saran kepada OJK. Sehingga para petani kecil tidak lagi tertekan oleh jeratan rentenir.

"Untuk itu, perlu adanya rapat DKP bersama OJK dan lembaga keuangan seperti Bank BRI dan Bank Nagari hari ini, kita berharap semoga kedepan pemerintah dapat terus memfasilitasi petani kita agar ketersediaan bahan pahan terus dapat terjaga di Payakumbuh," tutup Syahril. (Farhan)
 
Top