JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat)--Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi kembali mendulang prestasi bergengsi tingkat nasional. Kali ini Irfendi Arbi berjaya merebut predikat Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara 2019.

Penghargaan yang sudah ke tiga kalinya diraih Kabupaten Limapuluh Kota itu diterima langsung Bupati Irfendi Arbi dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri di Jakarta, Selasa (19/11).

Irfendi Arbi menyebut sangat bersyukur diraihnya penghargaan kategori tertinggi Swasti Saba Kabupaten Sehat tersebut. Ia berharap, prestasi itu dapat menjadi penyemangat untuk penerapan pola hidup sehat dan menjadi momentum lebih meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional tahun 2019 ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk terwujudnya Kabupaten Sehat hingga diraihnya Swasti Saba Wistara ini,” ungkap Irfendi Arbi usai menerima penghargaan bergengsi itu.

Ia berharap, penghargaan tersebut menjadi penyemangat untuk penerapan pola hidup sehat dan menjadi momentum lebih meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat ke depannya.



“Ini harus menjadi pelecut kita untuk lebih baik lagi ke depannya.  Saya menghimbau seluruh masyarakat untuk terus bersinergi mewujudkan Limapuluh Kota sehat,” simpul Irfendi sembari mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli dan memiliki kesadaran hidup sehat.

Terpisah, sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi dan mengaku bangga dengan kebolehan Bupati Irfendi Arbi yang terus mengoleksi prestasi tingkat nasional. Dengan banyaknya prestasi yang berhasil dikoleksi prestasi tersebut, mereka optimis Limapuluh Kota semakin dikenal di kancah nasional.

“Luar biasa, saya bangga dengan Bupati Irfendi Arbi yang tak pernah sepi prestasi. Selain mendapatkan penghargaan Swasti Saba tingkat tertinggi, ia juga telah banyak mengoleksi prestasi nasional lainnya selama memimpin daerah ini,” ungkap Ketua Bamus Kenagarian Guguak Fakhri Dt. Sumu.

Menurut Fakhri selama kepemimpinan Irfendi Arbi, cukup perkembangan Kabupaten Limapuluh Kota, termasuk di sektor pariwisata dan perekonomian.


"Saya melihat dewasa ini cukup banyak kemajuan di Kabupaten Limapuluh Kota. Apalagi kalau bicara prestasi, boleh dibilang hampir setiap bulannya daerah ini mengoleksi penghargaan. Bahkan tidak jarang dalam sebulan itu mendapatkan beberapa penghargaan,” ujar Fakhri.

Fakhri berpendapat, Limapuluh Kota dewasa ini terus berbenah dan semakin tampil dan memposisikan diri sejajar dengan daerah lain. Hal itu, bisa terlihat dari segudang prestasi tingkat nasional, termasuk penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten Sehat tahun ini.

“Hebat, kata itu pantas diberikan buat bupati yang segudang prestasi,” ucapnya.

Begitu pula pengakuan tokoh masyarakat Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kasmi, S.Pd. Baginya, berbagai prestasi yang dipersembahkan Bupati Irfendi Arbi selama ini cukup membuat senang dan bangga masyarakat.

“Kita sangat senang dan bangga Kabupaten Limapuluh Kota meraih penghargaan nasional lagi. Ini semua tentu tidak terlepas dari kerja keras Bupati Irfendi Arbi beserta jajarannya dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat,” papar Kasmi.

Menurutnya, penghargaan Swasti Saba Wistara yang diraih itu membuktikan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di bawah komando Irfendi Arbi serius menangani masalah kesehatan.

“Itu membuktikan Pemkab Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi benar-benar hadir di tengah masyarakat dan serius terhadap persoalan kesehatan masyarakatnya,” tutur Kasmi.

Senada, tokoh masyarakat Ulu Aie M. Amin, A.Md juga mengapresiasi Irfendi Arbi yang terus panen penghargaan

“Hebat, Bupati Irfendi Arbi dapat penghargaan lagi. Kita tentunya senang dan bangga dengan Bupati yang selama kepemimpinanya telah banyak menuai prestasi tingkat nasional,” ujar Amin sembari berharap agar prestasi Kabupaten Sehat tidak hanya dipandang sebagai Penghargaan semata, namun yang paling penting adalah menerapkan pola hidup sehat di tengah masyarakat

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Yenni Elfi, ST menjelaskan sebelumnya Kabupaten Limapuluh Kota juga telah pernah mendapatkan Swasti Saba tingkat pemantarapan (Padapa) dan Swasti Saba tingkat pembinaan (Wiwerda).

Dikatakan, Swasti Saba Wistara ini sukses dibawa pulang karena Kabupaten Limapuluh Kota telah menerapkan program hidup sehat melalui sejumlah tatanan yang antara lain Tatanan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Tatanan Pariwisata Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Bermasyarakat Sehat yang Mandiri dan Tatanan Sosial yang Sehat.

“Kita meraih Swasti Saba tipe tertinggi yakni Wistara karena telah menyelenggarakan 6 tatatanan yang antara lain Tatanan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Tatanan Pariwisata Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Bermasyarakat Sehat yang Mandiri dan Tatanan Sosial yang Sehat,” terang Yenni.

Sedangkan inovasi terkait penyelenggaraan kabupaten sehat ini diantaranya kegiatan Pos Pelayanan Teknologi, kegiatan jemput antar pasien oleh Puskesmas, program pengolahan air bersih dan sungai bersih dan lainnya. (gun)
 
Top