JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat).

Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi bakal mengukir prestasi lagi. Kali ini Irfendi Arbi akan menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten Sehat untuk ke-tiga kalinya.

Hal itu sesuai dengan Radigram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 080/12558/SJ tanggal 8 November 2019.

Dalam radiogram disebutkan, penghargaan Swasti Saba Kabupaten Sehat tahun 2019 itu akan diserahkan pada Selasa tanggal 19 November 2019 bertempat di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri di Jakarta.

“Mudah-mudahan kali ini kita mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat tipe tertinggi yakni Swasti Saba Wistara,” ungkap Irfendi Arbi .

Dikatakan, sebelumnya Kabupaten Limapuluh Kota telah mendapatkan Swasti Saba tingkat pemantarapan (Padapa dan Swasti Saba tingkat pembinaan (Wiwerda masing-masingnya tahun 2015 dan 2017.

“Penghargaan Swasti Saba juga pernah kita raih pada tahun 2015 dengan predikat Swasti Saba Padapa. Berikutnya untuk predikat Swasti Saba Wiwerda pada tahun 2017. Hari ini diharapkan kebagian Swasti Saba Wistara,” ulang Irfendi.

Terpisah Ketua Forum Kabupaten Sehat Yenni Elfi, ST optimis Limapuluh Kota bakal meraih Swasti Saba Wistara. Sebab, daerah ini telah menerapkan program hidup sehat melalui sejumlah tatanan yang diantaranya tatanan ketahanan pangan dan gizi, serta tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Berikutnya, tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, serta tatanan kawasan pariwisata sehat.

“Tahun ini kita menambah tatanan kabupaten sehat itu dengan kawasan pariwisata sehat. Mudah-mudahan hari ini kita kebagian swasti saba kelass tertinggi yakni Wistara,” tutur Yenni Elfi yang mantan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Limapuluh Kota.

Terpisah berbagai elemen masyarakat menyebut, penghargaan dimaksud tentu membuktikan Kabupaten Limapuluh Kota serius menangani masalah kesehatan. Penghargaan kabupaten sehat tipe tertinggi itu di serahkan langsung oleh kepada

“Itu membuktikan Pemkab Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi benar-benar hadir di tengah masyarakat dan serius terhadap persoalan lkesehatan masyarakatnya,” tutur pemuka masyarakat Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kasmi, S.Pd.

Ia berharap, penghargaan bergengsi kali ini dapat menjadi penyemangat untuk penerapan pola hidup sehat dan menjadi momentum lebih meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. (gun)
 
Top