JA.com. Payakumbuh (Sumatera Barat)-Kekompakan dan antusiasme wali murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Payakumbuh mempersiapkan penilaian adiwiyata di sekolah ini mendapat apresiasi dan pujian dari Tim Penilai (TP) Lomba Adiwiyata Tingkat Kota Payakumbuh.Selain giat mengikuti gotong royong wali murid yang dikoordinir langsung Ketua Komite H. Jhon Rizal juga giat menyiapkan berbagai persiapan yang dibutuhkan Tim Penilai.

Sebelumnya Kepala SDN 03 Sri Herawati dihadapan Tim Penilai Adiwiyata tingkat Kota Payakumbuh menyampaikan pelaksanaan Program Adiwiyata di sekolah yang dpimpinnya sejak sekitar 2,5 tahun lalu itu.

Diterangkan Sri Herawati yang akrab disapa Era ini, selain menjalankan rutinitas PBM, SDN 03 Payakumbuh telah menerapkan Program Adiwiyata.

"Di sekolah kita ini terdapat 13 tenaga pendidik dan kependidikan yang mengajar 165 siswa yang ditampung dalam 6 rombel. Mendukung program Asiwiyata, di sekolah kita sudah tersedia Green House, Tanaman Dapur keluarga (Tadaga), koleksi tanaman hias, Bank Sampah, kolam ikan, bio pori, kompos, dan tanaman bunga yang tertata. Serta pengolahan sampah menjadi barang bermanfaat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) telah kita jalankan," espose Era kepada tim melalui media tayang infocus

"Meskipun lokasi kita tergolong sempit, namun pihak sekolah dan walimurid melalui komite kompak membangun kondisi ini," papar Era.

Setelah menyimak espose dan memeriksa seluruh berkas terkait lomba adiwiyata, Ketua Tim Penilai Yennimar menyebutkan bahwa ada 5 sekolah yang ikut kualifikasi penilaian adiwiyata tingkat Kota Payakumbuh.

"Kelima sekolah itu adalah SDN 62, SDN 03, SDN 45 Talang, SMKN 1, SMPN 9 Payakumbuh. Dalam menjalankan tugas menilai kita telah laksanakan. SDN 03 Payakumbuh sudah memenuhi syarat penilaian. Hanya ada beberapa berkas administrasi yang harus dilengkapi dan disampaikan kepala sekolah ke Diknas LH dalam waktu 4 hari kedepan. Adapun hasil penilaian akan kita umumkan mendatang," sebut Yunimar. (rel/gun)
 
Top