JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Peringatan hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 73 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 di Kota Payakumbuh berlangsung khidmat dan lancar. Bertindak inspektur upacara Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz.

Acara yang bertemakan " Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI" yang diikuti 3.000-an guru itu dipusatkan di lapangan Sari Bulan Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan, Senin (26/11/2018).

Dalam amanat Mendikbud yang dibacakan Wawako Erwin Yunaz disebutkan, guru merupakan garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa. Di era Revolusi Industri IV, guru selaku profesi yang mempunyai tugas pokok mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, membimbing, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didiknya melalui satuan pendidikan untuk mempersiapkan SDM yang unggul dengan kompetensi global yang berkembang sedemikian pesatnya.

"Dalam HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2018, kita dirundung duka dan keprihatinan dengan wafatnya hampir 22 ribu guru dan tenaga kependidikan akibat bencana di NTB dan Sulawesi Tengah. Melalui momen ini kita panjatkan doa terbaik untuk saudara kita," ujar menteri.

Lebih lanjut dikatakan, menghadapi abad XXI, guru dituntut berkompetensi dalam segala hal sebagai syarat utama perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter. Karena kriteria negara besar itu terletak pada keunggulan kompetitif SDM penduduknya ditengah keberagaman budaya. Keunggulan itulah yang akan kita kejar melalui pemerataan mutu, perluasan akses dan percepatan terwujudnya guru profesional.

"Setidaknya ada 3 ciri yang harus dimiliki seorang guru sebagai tenaga pendidik, yaitu pertama, Guru profesional adalah guru yang memenuhi kompetensi dan keahlian initi sebagai pendidik, kedua, Guru profesional mampu membangun keswjawatan dan ketiga Guru profesional mampu merawat jiwa sosial," pesan Mendikbud melalui Irup.

Akhirnya, di hari yang berbahagia ini kami mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional tahun 2018. Mari kita membangun peradaban, sehingga bangsa indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, serta mampu bersaing di kancah pergaulan global," papar Erwin Yunaz membacakan sambutan Mendikbud.

Upacara bendera peringatan HUT PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional tahun 2018 juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan beserta pejabat jajaran pendidikan, Kepala Kankemenag beserta jajaran pendidikan madrasah, Ketua Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Kapolres, Kepala BNNK dan undangan terkait.

Ketua PGRI Kota Payakumbuh Dalius dipenghujung kegiatan menyebutkan bahwa Peringatan HUT PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional tahun 2018 akan ditutup dengan kegiatan anjangsana ke rumah Bapak Edvianus, mantan Kadiknas Kota Payakumbuh dan ke Panti Asuhan yang ada di Kota Payakumbuh.(rel/gun)
 
Top