JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Masyarakat Nagari Pakan Rabaa Timur, tepatnya Pintu Kayu dengan prosesi melewakan Gala Sako bagi Penghulu. "Buliah Tagak  Nak Samo Tinggi Duduak Nak Samo Randah dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN)  dilingkungan KAN Pakan Rabaa bagi setiap Penghulu, Minggu (30/12).

Gala Sako Penghulu yang dilewatkan tersebut berasal dari beberapa suku Adat yang ada di Pinti Kayu antara lain , : Suku Melayu,suku Chaniago,suku Panai suku Kuti Anyie,suku Bendang, dan suku Tanjuang dilingkungan Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan.

Tuo Adat Nagari, Drs H Masrial MA, Dt Pono Alam  "' Penghulu itu adalah sebagai pimpinan yang fungsinya dalam Adat mengatakan *" Lubuak Aka Lautan Budi ,Kusuik nan Kamanyalasai  Karuah nan Kamanjaniah, artinya pemimpin dalam kaum, sebagai contoh teladan bagi anak kemenakan. Ibarat kayu gadang ditangah koto dahan rimbun bakeh bataduah, Batang gadang bakeh basanda Ureknyo bakeh baselo .

Penghulu itu sebagai pimpinan yang harus berbudi luhur serta punya martabat yang menjunjung tinggi Adat dalam Nagari, yang pada hakikatnya Adat itu adalah budi pekerti dan Syara' itu adalah ahklatul kharima (tingkah laku yang baik red).

Hari ini (Minggu 30/12) Penghulu yang ada di nagari Pakan Rabaa Timur sudah dilewakan berarti berdiri sama tinggi  duduk sama rendah didalam Kerapatan  Adat Nagari (KAN) Pakan Rabaa, yang disaksikan oleh berbagai lapisan masyarakat yang dalam Adat dikatakan "'  lah batarang Mato hari  lah ba saksi Mato rang banyak "'.

Ditempat yang sama Wali nagari Pakan Rabaa Timur, Nasril S Kom "' sudah delapan tahun yang lalu semua kalangan tokoh masyarakat telah menyusun acara melewakan Penghulu dan membangun gedung Balai Sidang Ninak Mamak, Alhamdulillah hari ini (Minggu 30/12) telah terlaksana dan akan diresmikan , mudah mudahan acara ini sampai akhir berjalan dengan lancar aman dan tertib.

Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi anak nagari Pakan Rabaa Timur yang kami beri nama "' Rang Pinti Kayu Baralek Gadang sekaligus ""Peresmian Gedung Balai Sidang Niniak Mamak nagari Pakan Rabaa Timur.

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria menyampaikan ucapan terimakasih pada masyarakat Pinti Kayu yang telah dapat melewatkan gala Sako Niniak Mamak serta peresmian gedung Balai Sidang Niniak Mamak.  Muzni sangat apresiasi apa yang telah dipersembahkan masyarakat nagari Pakan Rabaa Timur atas telah terlaksananya Alek Gadang ini .

Kami dari pemerintah daerah siap mengalokasikan dana untuk pembangunan pengembangan budaya adat istiadat di nagari, yang nantinya dapat membentuk jati diri anak kemenakan yang berbudi luhur dalam melanjutkan berbagai aspek pembangunan dinagari.

Hadir pada acara Rang Pinti Kayu Baralek Gadang tersebut, Kapolres Solok Selatan,AKBP Imam Yulisdianto, Camat KPGD, Syahrul Munir Alim ulama,cariak pandai,Bundo kanduang, Tokoh masyarakat, Cariak pandai, Anak nagari, serta undangan lainnya.(Sudirman).
 
Top