JA.com, Pasbar (Sumatera Barat)- Dengan berbagai program yang dilaksanakan Pos Daya Timbo, untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman produktif, sebagai penambah gizi keluarga dan berbagai bentuk pembinaan lainnya,  menjadikan Pos Daya Timbo Abu meraih Peringkat 1 Pos Daya Terbaik di Sumatera Barat.

Berperan besar dalam membina dan meningkatkan ekonomi keluarga, masyarakat miskin dan lansia di Kejorongan Timbo Abu, serta membina berbagai kelompok masyarakat lainnya.

Penghargaan ini, merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap Pos Daya yang memberikan kontribusi terbaik, dalam penanggulangan kemiskinan, peningkatan kemandirian keluarga, melalui upaya pemberdayaan keluarga dan kelompok yang telah dilakukan selama ini.

Penghargaan yang diserahkan oleh Pemprov Sumbar melalui Ketua LKKS (Lembaga  Koordinasi Kesejahteraan Sosial) Drs.H. Parlagutan Nasution, M.Si di Hotel Rocky Plaza Padang pada Jumat (21/12), kepada Ketua Pos Daya Timbo Abu Kecamatan Talamau Femi Rosita.

Femi Rosita disebutkan sebelumnya sebagai Wanita Tangguh dari Timbo Abu dalam buku yang ditulis oleh Hj. Nevi Irwan Prayitno, berjudul Membangun untuk Kesejahteraan, yang telah banyak beredar di kalangan masyarakat.

Dalam kata sambutannya, saat penyerahan sertifikat penghargaan, H. Parlagutan Nasution berharap, Pos Daya Timbo Abu terus meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka, dalam membina keluarga dan berbagai kelompok yang ada di Timbo Abu.

"Pos Daya Timbo Abu memang luar biasa dengan kreativitas dan pembinaan yang mereka lakukan kepada keluarga miskin, lansia dan kelompok masyarakat, sehingga menjadi produktif dan mandiri." ujar H. Parlagutan Nasution.

"Semoga semakin meningkat dan lebih baik lagi kedepannya, sehingga terus berperan dalam mengurangi angka kemiskinan, memberdayakan masyarakat miskin, lansia, kelompok, dan tentunya kami harapkan, bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional nantinya", lanjutnya lagi.

Sedangkan Femi Rosita yang selanjutnya ditemui pada Rabu (26/12) di Pos Daya tempatnya beraktivitas, mengungkapkan bahwa keberhasilan Pos Daya Timbo Abu, untuk menjadi yang terbaik di tingkat Sumbar, adalah juga karena kemauan, niat, dan kerja kerja keras masyarakat beserta kelompok yang ada.

Tambahnya, selain dengan pembinaan yang diberikan, keberhasilan menjadi yang terbaik ini, adalah berkat kebersamaan dan kerja keras masyarakat miskin, lansia dan kelompok yang ada. Semoga Pos Daya ini juga mampu berbicara di tingkat nasional nantinya, mohon doa dan dukungannya", ujar Femi Rosita dengan rendah hati.

Pujian kepada Femi Rosita,  merupakan inisiator dan ketua Pos Daya Timbo Abu, juga diberikan oleh berbagai pihak lainnya, terutama masyarakat Timbo Abu, yang merasa bangga karena Pos Daya di Kejorongan mereka, menjadi yang terbaik di tingkat Sumbar, sekaligus melaju ke tingkat nasional.

Kelompok masyarakat yang dibina oleh Femi Rosita dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, terkait kepeduliannya terhadap masyarakat masyarakat miskin, antara lain Kelompok Wanita Tani sebanyak 13 kelompok dan 26 Dasa Wisma.

Selanjutnya, Kelompok Usaha Bersama ( Kube) Al Muhajirin, yang beranggotakan para lansia produktif dan mereka akhirnya mendapat bantuan langsung dari Kementerian Sosial sebanyak Rp. 20 jt.

Pembinaan lainnya yakni terhadap kader lansia, remaja (BKR), balita (BKB), yandu dan kelompok Wirid Yasin. Femi Rosita sebelumnya, juga meraih berbagai prestasi dan menerima 15 Sertifikat dan Penghargaan.

Penghargaan tersebut diantaranya, Juara 1 Lomba Perempuan Inspiratif dari BKKBN dan Pemberdayaan Perempuan  tingkat Pasaman Barat, Juara 2 Adhikarya Pangan Nusantara tingkat Sumatera Barat.

Juara 1 Lomba Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan ( P2KP ) dan Pemanfaatan Lahan Pekarangan tingkat Pasaman Barat, dan berjubel penghargaan bergengsi lainnya yang berhasil diraih oleh Perempuan Tangguh dari Timbo Abu tersebut, terkait kepeduliannya kepada masyarakat lemah dan yang tidak mampu, sehingga menjadi berdaya. (Zein)
 
Top