JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat)--Bupati Limapuluh Kota H.  Irfendi Arbi terus mengoleksi prestasi. Usai menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Irfendi kembali meraih penghargaan berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018.
Penghargaan itu diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (19/12).
Irfendi Arbi diganjar anugerah bergensi tersebut sebagai apresiasi atas prestasi dan kontribusinya dalam mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak di Kabupaten Limapuluh Kota. Selain itu, juga karena ia dinilai sukses melaksanakan program pemberdayaan perempuan secara berkesinambungan, melalui integrasi isu gender dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.
Bupati Irfendi Arbi ketika dimintai tanggapannya mengaku sangat bersyukur, gembira dan bangga atas perolehan APE tersebut. Menurutnya, keberhasilan meraih APE itu merupakan wujud komitmen berbagai pihak di daerah ini dalam pelaksanaan strategi Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).
“Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan penghargaan di bidang perempuan dan perlindungan anak berupa APE. Anugerah ini bisa kita raih berkat kerja keras banyak pihak terutama jajaran Pemkab Limapuluh Kota. Penghargaan ini saya persembahkan buat masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Irfendi Arbi.
Ia berharap, perolehan anugerah itu semakin motivasi masyarakat di daerah ini untuk terus mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak di Kabupaten Limapuluh Kota. Selain itu juga diharapkan menjadi momentum untuk menunjukan kinerja yang lebih baik lagi ke depannya.
“Penghargaan APE ini hendaknya menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kontribusi semua pihak dalam mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak di Kabupaten Limapuluh Kota ke depannya,” tutur Irfendi.
Terpisah sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi kebolehan Bupati Irfendi Arbi yang terus mengoleksi penghargaan. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, tidak sedikit prestasi yang sukses dikumpulkan daerah ini.
“Kita bangga dan mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi yang kembali sukses meraih penghargaan di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Dengan semakin banyaknya prestasi di tingkat nasional yang sukses dikumpulkan, kita optimis Kabupaten Limapuluh Kota akan semakin dikenal di kancah nasional,” tutur tokoh masyarakat Akmul DS, SPdi, Dt. Rajo Bagindo menjawab wartawan.
Akmul yang juga Ketua Dewan Masjid Kabupaten Limapuluh Kota ini berharap penghargaan itu semakin memotivasi seluruh pihak daerah ini lebih meningkatkan perhatiannya terhadap masalah perempuan dan perlindungan anak.
Ucapan serupa juga dilontarkan Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Z Dt. Rajo Mangkuto, M.Pd, Ketua BAMUS Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Fakhri Dt. Sumu dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.
Sebelumnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise dalam sambutannya mengatakan penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).
“APE ini diberikan kepada pemerintah daerah yang mampu menunjukkan komitmen tinggi dalam pelaksanaan strategi PUG di daerah,” ujar menteri.
Dikatakan, pengarusutamaan gender adalah suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui perencanaan dan penerapan kebijakan yang berperspektif gender pada organisasi dan institusi. Pengarusutamaan gender merupakan strategi alternatif bagi usaha pencepatan kesetaraan gender. (gun)
 
Top