MOYUDAN - Guna mencegah merebaknya penyakit DBD Babinsa Koramil 15/Moyudan bekerjasama dengan Puskesmas Moyudan melaksanakan giat fogging di wilayah Desa Sumbersari Kecamatan Moyudan yang merupakan desa binaan Kopka Sriukirno, Selasa 10/04/2019.
Kegiatan fogging ini menggunakan alat fogging dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, petugas fogging dari Puskesmas Moyudan serta Babinsa koramil 15 /Moyudan. Fogging difokuskan di Desa Sunbersari.

Bpk Indra selaku ketua team fogging dari Puskesmas Moyudan mengatakan, Demam Berdarah Dengue (DPD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aides Aegypti. Oleh sebab itu langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan perangkat desa serta Babinsa adalah melakukan tindakan pengasapan fogging, dengan tujuan memutus siklus penyebarannya dan memberantas nyamuk tersebut agar tidak bisa berkembang biak lebih banyak," ujarnya.

Sementara itu, Danramil 15/Moyudan Kapten Arm Sukoharjono mengatakan, kegiatan fogging terhadap nyamuk DBD ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah Koramil 15/Moyudan.
Lebih lanjut Danramil juga mengatakan, kegiatan fogging ini murni kegiatan teritorial kewilayahan yang sering dilaksanakan. Menurut beliau, setelah dilaksanakan giat fogging di wilayah Desa sumbersari di harapkan terbebas dari penyakit DBD. Masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak memberi kesempatan bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak, dengan cara 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur)," tegas Kapten Sukoharjono.
(Ds)
 
Top