MLATI - Hujan yang turun setiap hari sering mengakibatkan lingkungan menjadi becek dan terdapat genangan air di beberapa tempat, hal ini menyebabkan nyamuk demam berdarah dapat berkembang dengan baik,Guna mengatasi hal tersebut, Babinsa  Koramil 12 / Mlati bersama ,  Puskesmas, perangkat Desa dan Bidan desa, Pokjanal, serta masyarakat Desa Sendangadi dan Sinduadi, melaksanakan  pemberantasan sarang nyamuk dan gerakan jumat bersih di wilayah Desa Sinduadi Dusun Gedongan Jumat 5 April 2019.

Di sela pelaksanaan kegiatan dr Ernawati, Kepala  Puskesmas Mlati 1 Sinduadi menyampaikan, bahwa penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ( Nyamik warna hitam bintik bintik Putih ) saat musim hujan sangat cepat penyebarannya, hal ini disebabkan banyaknya sampah yang dapat menampung air hujan.

“Saat musim hujan hendaknya kita selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama tempat-tampat yang dapat menampung air hujan, agar tidak digunakan nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak,” tambahnya.
Tidak hanya melakukan pengecekan terhadap bak mandi di rumah warga saja,  dalam kegiatan ini petugas juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan pemukiman warga,” tutur dr Ernawati.
Di tempat terpisah, Danramil 12 / Mlati Mayor Inf Sukamto mengatakan, bahwa peran aktif personel koramil dalam kegiatan kemasyarakatan ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan.

Di musim hujan ini dirinya juga menghimbau kepada pejabat RT dan RW setempat untuk selalu aktif mengingatkan warganya, agar membersihkan kamar mandi paling tidak seminggu sekali, menjaga kebersihan lingkungan, serta melaksanakan 3 M.
Dengan pelaksanaan kegiatan bersama ini, semoga dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat
pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu dapat terjaga,” pungkas Danramil.(Ds)
 
Top