Bupati Irdinansyah Tarmizi foto bersama di depan Mesjid Ar-Raudhah Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto, Rabu (10/4).

JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi resmikan pemakaian Mesjid Ar-Raudhah yang dibangun dilokasi yang berada di pinggir jalan raya Padang - Bukittinggi, Rabu (10/4).

"Mesjid ini berdekatan dengan pasar sayuran dan Rest Area. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dan pengguna jalan," kata Irdinansyah Tarmizi, Rabu (10/4) saat meresmikan pemakaian masjid dan rumah Tahfidz Ar-Raudhah, di Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto.

Dikatanya, ada beberapa alasan mengapa pemerintah Kabupaten Tanah Datar secara terus menerus melakukan program tahfidz Qur’an. Sebab, anak-anak yang hafidz Qur’an cenderung pintar dan mereka juga memiliki akhlaq yang mulia.

“Untuk itu sejak kami diamanahkan oleh masyararakat Tanah Datar, semula cuma ada 6 rumah tahfidz sekarang sudah menjadi 156 rumah tahfidz dan 14 diantaranya menjadi binaan Pemkab Tanah Datar,” terangnya.

Tidak itu saja, Pemkab Tanah Datar memberikan reward anak-anak yang terbaik dan terbanyak dalam hafalan Al Qur’an untuk ikut studi banding ke luar negeri bersama anak-anak berprestasi lainnya.

Lebih lanjut, tahun 2018 kemarin ada sebanyak 6 orang hafidz qur’an yang diberikan reward untuk pergi umrah ke tanah suci Makkah. Namun ini dananya tidak dari pemerintah daerah, melainkan dari para donatur yang sengaja ingin ikut memotivasi anak-anak kita dalam menghafal Al Qur’an.

Pada kesempatan itu, Irdinansyah Tarmizi menghimbau agar masyarakat Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto bisa memanfaatkan dan meramaikan masjid ini dengan baik.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Irman menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan masjid tersebut. Dia juga berpesan kepada pengurus masjid agar pandai-pandai dalam menjaga dan merawat masjid ini dengan baik.

Sebelumnya, Wali Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto Anwar mengatakan, masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat islam. Untuk itu dalam pemanfaatannya masjid tidak hanya digunakan untuk tempat shalat saja, melainkan juga bisa kita mafaatkan untuk berbagai kegiatan yang lainnya.

Ikut hadir dalam acara peresmian tersebut Ny. Emi Irdinansyah, Kemenag, Kabag Humas dan Protokol Syahril, Camat X Koto Hendra Setyawan, Forkompinca, ninik mamak, serta undangan lainnya. (MG)
 
Top