JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Didasari aspirasi dari masyarakat Nagari Supayang Kecamatan Salimpaung yang menginginkan untuk dibangunnya embung guna mengairi sawah masyarakat setempat. Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama rombongan meninjau rencana lokasi pembangunan embung tersebut, Jumat (23/9/2022) di Lembah Tanjung Jati.

Untuk memastikan lokasi pembangunan embung dan sumber mata air, Wabup Richi menelusuri jalan setapak yang ditutupi semak belukar dan licin sejauh 5 kilometer dari pusat perkampungan warga, namun semangat yang tinggi  membuat Wabup yang langsung didampingi Camat Salimpaung Herru Rachman, Wali Nagari Supayang M.Nasir dan juga masyarakat setempat.

"Alhamdulillah di perbukitan Nagari Supayang yang berlokasi di lembah Tanjung Jati ada sumber mata air dan debitnya cukup besar, untuk itu mari bersama-sama kita manfaatkan dan sebagai salah satu langkah utama dengan membangun embung," kata wabup.

Dikatakan, dengan dibangunnya nanti embung bisa mengairi sawah pertanian dari tadah hujan menjadi terairi sehingga indeks pertanian bertambah dari lebih kurang 200 hektar sawah di nagari Supayang, bahkan dengan sumber mata air yang alami ini juga bisa dijadikan sumber air bersih.

Ia mengapresiasi apa yang telah dilakukan masyarakat, yang telah bersedia  menghibahkan lahan karena pembangunan ini akan bermanfaat bagi masyarakat, mudah-mudahan kerjasama yang baik antara masyarakat, dan juga niniak mamak Supayang pembangunan ini akan cepat terealisasi.

Kepada perangkat Nagari, Organisasi Perangkat Daerah terkait dalam hal ini Dinas PUPR untuk berkoordinasi dan segera melengkapi seluruh syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pembangunan embung, untuk selanjutnya diajukan ke kementerian terkait.

Sementara itu, Wali Nagari M.Nasir sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan daerah yang telah terjun langsung meninjau apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat nagari Supayang, dan berharap pembangunan embung yang diharapkan masyarakat Supayang dapat segera terwujud.

"Terima kasih atas kehadiran bapak Wabup yang langsung turun meninjau lokasi rencana pembangunan embung ke sumber mata air di perbukitan lembah Tanjung Jati ini," ucap M Nasir.

M.Nasir juga laporkan, bahwa Niniak Mamak kaum yang punya lahan telah bersedia untuk menghibahkan lahan untuk pembangunan  karena bukan saja masyarakat Supayang yang akan menikmati manfaatnya tetapi juga nagari tetangga seperti Sumanik, Sungai Patai dan Sungai Tarab. (MG)
 
Top