JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra membuka secara resmi Edukasi dan Literasi Ekonomi Keuangan Syariah berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Minangkabau.

Acara yang digelar di Ballroom Emersia Hotel dan Resort Batusangkar, kemarin itu dihadiri para pimpinan Ormas Islam, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. DR. Marjoni Imamora, Pelaku Usaha dan Wali Nagari Se Tanah Datar.

Bupati Eka Putra, menyampaikan apresiasinya kepada Bank Nagari Syariah yang telah menjalankan transaksi ekonomi keuangan syariah dan mendukung terlaksananya acara ini.

Dikatakan, pelayanan ekonomi keuangan syariah sangat mendukung ekonomi di Kabupaten Tanah Datar, oleh sebab itu Pemerintah Tanah Datar mendukung sepenuhnya transaksi ekonomi keuangan ini di Tanah Datar.

"Agar masyarakat menjadi semakin paham perlu strategi menyatukan persepsi, sehingga Perbankan Syariah akan berkembang dikemudian hari," katanya.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sepakat untuk berpartisipasi dalam konversi Bank Nagari menjadi Badan Usaha Syariah.

"Pemkab Tanah Datar mendukung konversi ini seperti diamanatkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 23 Juli lalu di Bukittinggi yang memutuskan untuk memperpanjang waktu persiapan konversi," jelasnya.

Perpanjangan persiapan dimaksud, tambah Eka, agar dapat dilakukan evaluasi secara mendalam dan menunggu tuntasnya Peraturan Daerah tentang Konversi yang memerlukan mekanisme pemenuhan syarat yang telah diatur sedemikan rupa.

"Pemkab Tanah Datar saat ini masih menunggu pemenuhan mekanisme dan payung hukum sehingga taat azas sesuai yang diamanatkan pada RUPSLB tahun 2021 tersebut," kata Eka.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, pada kesempatan itu juga menyatakan mendukung terwujudnya pelaksanaan transaksi ekonomi keuangan Syariah.

Begitupun Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar,  Prof.DR. Marjoni Imamora sangat mendukung lembaga ekonomi syariah yang menurutnya sesuai dengan falsafah Minangkabau Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Senada, Sekretaris MUI Tanah Datar, H. Afrizon dalam penjelasannya mempedomani penjelasan dalam agama Islam yang mengatakan "masuklah kamu kedalam Islam secara Kaffah, yang maknanya bahwa didalam agama Islam menuntun semua aspek kehidupan manusia termasuk masalah Ekonomi. (MG)
 
Top