JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, target pelaksanaan tender yang anggarannya cukup besar akan dilaksanakan bulan ini. Bahkan pelaksanaan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) sudah rampung. 

Pelaksana tugas (Plt) Kadis PU, Tata Ruang dan Pertanahan Solok Selatan Yolly Hirlandes Putra, menjelaskan bahwa pelaksanaan tender untuk kegiatan tahun anggaran 2021 yang anggarannya besar, baik bersumber dari dana DAK maupun dana APBD Solok Selatan  ditarget bulan Pebruari ini sudah dilakukan tendernya. 

" Saat ini SIRUP sudah selesai oleh Bagian Perencanaan, dan beberapa bahan paket tender segera kita sampaikan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Solok Selatan, " jelas Yolly. 

Adapun total dana Dinas PU, Tata Ruang dan Pertanahan, untuk pisik dan non pisik di tahun anggaran 2021 ini berjumlah sebesar Rp.  91.575.751.530,. 

Berikut rincian anggaran pisik, untuk bidang pengelolaan sumber daya air (PSDA) sebesar Rp.  13 Milyar, Bidang Bina Marga Rp.  63 Milyar, Bidang Tata Bangunan Rp.  2 Milyar. Selain itu ada juga di anggarkan untuk pengadaan tanah dan tata ruang, " terang Yolly. 

Ditambahkan Yolly, baru-baru ini Solok Selatan juga mendapat angin segar  untuk penambahan dana pembangunan dua ruas jalan di daerah itu dari Kemenko Kemaritiman RI.

Artinya saat kunjungan tim dari Kemenko Maritim dan Investasi RI bersama Pemprov. Sumbar baru-baru ini terbuka peluang Solsel untuk memperoleh anggaran lebih kurang Rp. 800 milyar.

Peruntukan anggara tersebut, untuk jalan Provinsi dari Abai Sangir ke Sungai Dareh Darmasraya sepanjang 74 KM, dan ruas jalan Kabupaten serta dua jembatan dari Sungai Sungkai Kecamatan SBJ ke Sungai Rumbai Kabupaten Darmasraya. 

Sementara itu Kabid PSDA, Mutia Varina menambahkan kegiatan di bidangnya tahun ini sebesar Rp. 13 Milyar yang akan diperuntukan untuk penguatan tebing sungai, normalisasi sungai, rehabilitasi jaringan sungai, pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder,  serta operasional pemeliharaan bendungan sungai. 

Adapun rincian kegiatan paket yang akan dilakukan Bidang PSDA tahun anggaran 2021 dari APBD dan DAK idiantaranya untuk irigasi sebanyak 38 paket dan untuk sungai sebanyak 20 paket, " pungkas Mutia.


* dirman *

 
Top