JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Upaya pemutahiran databese kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Solsel melakukan pelayanan keliling penerbitan dokumen kependudukan ke nagari se-Solok Selatan. 

" Program Disduk Capil kali ini ke masing-masing nagari adalah untuk pemutahiran database kependudukan dan pencatatan sipil yang sudah terdaftar dalam server," kata Kepala Bidang Capil Kasman. S. IP didampingi Kabid Dalduk, Aksearmansyah. SH.

Artinya warga masyarakat yang dilayani saat pelayanan keliling ini diantaranya warga yang belum mengurus KTP mulai dari yang melakukan rekap maupun yang mencetak KTP. Selain itu juga akan dilayani penerbitan akte kelahiran, akte kematian, keterangan pindah.

Pelayanan pada masyarakat ini, disesuaikan dengan data yang sudah ada di server, dan dilakukan secara online, " tambah Kasman.

Ditambahkan Kasman, jumlah kunjungan warga saat dilakukan pelayanan keliling sangat banyak. Bahkan di Nagari Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan tercatat 889 orang yang belum merekam KTP. Berikut yang mengurus akta kelahiran umur 0-18 di Nagari itu juga tercatat sebanyak 345.

" Tingkat partisipasi masyarakat mengurus administrasi kependudukan di Nagari Lubuk Malako cukup tinggi, apalagi  jumlah penduduk yang belum memiliki adminitrasi kependudukan juga sangat banyak, " ungkap Kasman. 

Kegiatan pelayanan keliling ini,  menurut Kasman melibatkan seluruh bidang dan bagian sekretariat, dengan jumlah anggota tim sebanyak 11 orang. 

" Adapun tim yang turun melakukan pelayanan keliling, diantaranya, Bidang Pencatatan Sipil, Bidang Pendaftaran Penduduk, Bidang Siak dan Pengelolaan Data, " pungkas Kasman. 

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Malako, Riono Pendri menyambut baik adanya kegiatan pelayanan keliling dari Disduk Capil Solsel. Hal itu sudah barang tentu sangat membantu masyarakat, baik dari sisi waktu maupun dari sisi biaya. 

" Kegiatan pelayanan keliling Disduk Capil ini dapat cepat melayani masyarakat, karena yang mengurusnya hanya warga masyarakat di nagari ini saja. Selain itu juga akan irit biaya, karena dekat dari tempat tinggal masyarakat, " tambah Riono Pendri.


* dirman *

 
Top