JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Fauzi Bahar selaku Ketua IPSI Sumatera Barat mengajak IPSI Solok Selatan, untuk menggali, Aliran Silat Solok Selatan dan lakukan kompetisi untuk menumbuhkan minat generasi muda.

Pemerintah kabupaten Solok Selatan diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Putra Nusa mengatakan selama ini pemerintah daerah selalu berperan dan mendukung kegiatan olahraga khususnya Silat.

"Sebagai bentuk dukungan setiap tahun selalu dialokasikan anggaran untuk Kegiatan olahraga di Solok Selatan melalui KONI," katanya. Senin, 8/2/21

Ketua KONI Solsel Rengga Husyada mengatakan Pencak Silat solok Selatan dari tahun ke tahun telah menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan, hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 32 perguruan silat.

Meskipun belum mendapatkan medali di Pekan olahraga provinsi. Menurutnya, bukan karena atlit Silat daerah itu tidak mampu, tetapi lebih kepada ketidaktahuan terhadap apa poin yang dinilai di setiap perlombaan, karena silat di Solok Selatan masih tradisi belum banyak dilatih untuk bertanding.

"Sekarang kita sedang memberikan pelatihan bagi juri dan pelatih untuk mendapatkan sertifikat, dilanjutkan dengan pembinaan atlit, sehingga diharapkan kedepannya atlit Solok Selatan mampu berprestasi di setiap perlombaan," harapannya.

Ketua IPSI Solok Selatanel Ariyal Joni Datuak Sutan Bandaro Padang mengatakan saat ini sebanyak 17 sasaran Silat telah tergabung dalam Ikatan Pencak Silat seluruh Indonesia IPSI.

"Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak Kami akan berusaha untuk berprestasi sebaik-baiknya, mewujudkan cita-cita kami insan pencak silat di Solok Selatan ," terangnya.


* dirman *

 
Top