JA.com, SAROLANGUN (JAMBI) - Operasi penertiban dan penindakan usah Penambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ) pada sabtu (09/12/2017) oleh Tim gabungan Ops PETI Polres Sarolangun, Kodim 0420 Sarko, Satpol PP dan BNPB Kabupaten Sarolangun, Membuahkan hasil.
dengan dimusnahkan 4 unit kapal disinyalir kuat untuk kegiatan penambangan emas ilegal.

Tim Ops PETI di Desa Tanjung Gagak Kecamatan Bhatin VIII Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Berhasil menemukan 2  unit kapal yang digunakan sebagai  alat usaha Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) tanpa pemilik.

"Kedua unit kapal selanjutnya dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar dan ditenggelamkan langsung ditempat," kata Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana SIK M.AP kepada Insan Pers sabtu (09/12/2017)

Kemudian ungkap Kapolres lagi, di Desa Batu Penyabung Tim gabungan kembali menjumpai 2 unit kapal yang digunakan untuk alat usaha  PETI .Saat itu juga dilakukan  penindakan dengan hal yang sama dimusnahkan ditempat.

Kapolres juga membeberkan  barang bukti yang  diamankan dalam pelaksanaan penertiban PETI. Diantaranya 1 unit kompresor, 3 buah jerigen, 2 buah ember, 6 potong selang, 4 karet panbel, 20 potong keset kaki, 1 ember kunci pas, air raksa 0,5 g,1 buah parang,1 buah senter kepala,1 buah kaca mata selam, 1 buah terali besi atau kerangkeng, 2 buah gulungan tali, 1 unit mesin keong, 2 buah dulang, 2  potong terali besi, 1  kaca mata selam, 1 gulung tali kompresor serta 1 gulung tali tambang.

"Sekira pukul 14.00 Wib seluruh Tim Personil gabungan penertiban dan penindakan usaha PETI meninggalkan lokasi,"tambahnya

Selanjutnya sekira pukul 15.00 Wib bertempat di Polsek Kota Sarolangun  dilaksanakan apel konsolidasi dalam situasi aman kondusif dan jumlah personel lengkap.

Dadan juga menerangkan Polres Sarolangun dengan menggandeng Dinas atau Instansi terkait. Melaksanakan kegiatan penertiban aktifitas PETI karena sudah menjadi permasalahan sosial di masyarakat. Khususnya dalam beberapa wilayah di Kabupaten Sarolangun.

"Kegiatan penindakan dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan kegiatan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat. Baik oleh pihak Polri  dan  Pemkab Sarolangun, "jelasnya

Diakhir keterangan sosok perwira muda yang dikenal tegas ini. Kembali menjelaskan bahwasannya  dari hasil pelaksanaan penertiban PETI. Tim gabungan berhasil memusnahkan 4 (empat) unit kapal yang digunakan untuk melakukan aktifitas PETI.

"Situasi berlangsung aman dan kondusif dilapangan, Dari mulai giat Ops PETI hingga selesai," pungkasnya. JA.com/Hadril
 
Top