JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dukung dan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan perantau dan masyarakat dalam mengukseskan program daerah. Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra saat menghadiri malam silaturrahmi acara puncak Dunsanak Perantau 3 Guguak (DP3G)  Nagari Sumanik, di lapangan sepakbola Tembok Galuang, Rabu (13/7-2022), kemarin malam.

"Saya apresiasi kepada perantau dan masyarakat Sumanik yang sudah melaksanakan kegiatan alek nagari, ini secara langsung sudah mendukung kegiatan pemerintah daerah dalam rangka menjalin Komunikasi Pimpinan Secara Dakek dan Arek yaitu “Kopi Sakarek," kata Bupati Eka Putra.

Dikatakan, disadari kegiatan silaturahmi ini sudah dua tahun tidak bisa dilaksanakan secara berhadapan langsung karena musibah pandemi covid 19, kita patut bersyukur karena hari ini bisa dilaksanakan oleh perantau dan masyarakat Nagari Sumanik dalam rangka menjembatani aspirasi dan informasi kepada pemerintah daerah.

"Insyaallah perbaikan jalan dan air bersih akan dianggarkan dan di realisikan secepatnya melalui dinas instansi terkait," ungkap Bupati.

Lebih lanjut, selain fisik kita juga harus membangun mental spiritual generasi penerus, pemerintah daerah memiliki program satu rumah satu hafizh dengan tujuan menyiapkan generasi tangguh dan taat kepada Allah SWT.

"Mohon doa dan dukungan dari perantau dan masyarakat sumanik untuk kelancaran pembangunan melalui program unggulan daerah,” pinta Eka Putra.

Bupati Eka Putra juga sampaikan terimakasih dan berharap kegiatan ini berkanjutan. Kepada para perantau juga didoakan selamat dan selalu sukses, dengan harapan silaturahmi terus terjaga antara rantau dan ranah.

Sebelumnya, Ketua DP3G Nagari Sumanik Yuskardinal sampaikan, DP3G adalah Dunsanak Perantau Guguak Manih, Guguak Tinggi dan Guguak Panjang Nagari Sumanik.

"DP3G  tahun ini melaksanakan pulang basamo dalam rangka Idul Adha 1443 H dengan agenda melaksanakn gotong royong, pesta anak nagari dengan mengedepankan kearifan lokal melalui kesenian tradisional, halal bihal dan tablig akabar yang mulai tanggal 6-13 Juli 2022," sampai Yuskardinal.

Sementara itu, Wali Nagari Sumanik Irama Yandi juga sampaikan apresiasi dan bangga kepada perantau tiga guguak  atas kekompakan walaupun dalam suasana sulit denga perekonomian yang baru bangkit bisa melaksanakan pulang basamao untuk menjalin silaturahim dengan keluarga di kampung.

"Jaga selalu kekompakan, sukses selalu di rantau dan lestarikan kearifan lokal melalui pulang basamo mambangun kampuang,” pesan Irama Yandi.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Camat Salimpaung Herru Rahman beserta forkopimca, Kepala Bagian Prokopim Dedi Triwidono, BPRN, KAN dan tokoh masyarakat setempat. (MG)
 
Top