JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, dari 10 program unggulan pemerintah Kabupaten Tanah Datar 4 diantaranya adalah dibidang pertanian yaitu program bajak gratis, asuransi ternak sapi/kerbau, asuransi padi dan juga meningkatkan kuota pupuk bersubsidi.

"Kita harapkan dengan adanya program ini masyarakat petani kita harus bersyukur karena cost operasional sekarang akan jauh lebih rendah. Ini juga jawaban atas laporan masyarakat saat kami mencalonkan diri sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati bersama pak Richi Aprian. Saat itu ada yang menyampaikan kalau saat tanam biaya mahal sementara waktu panen harga relatif murah. Kita tentu susah untuk mengendalikan harga, namun juga harus mencari solusi dan sebagai solusinya kita luncurkan program untuk mengurangi cost operasional sehingga petani akan lebih sejahtera," terang Bupati Eka Putra, Jumat (15/7-2022), kemarin saat pemasangan Eartag secara simbolis untuk program unggulan asuransi ternak sapi/kerbau di Jorong Lingkuang Kawek Nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas.

Mudah-mudahan dengan adanya program asuransi ternak ini ujar Bupati Eka Putra, bisa membantu masyarakat, sehingga masyarakat peternak nyaman.

"Kita tidak menginginkan ada musibah sehingga masyarakat mengalami kerugian, jadi dengan adanya asuransi ini kalau terjadi sesuatu dengan sapi/kerbau seperti hilang atau mati akan diganti. Satu ekor akan diganti dengan satu ekor," jelas Eka Putra.

Dijelaskan Eka Putra, khusus asuransi padi pada tahun 2022 ini targetnya seluas 2000 hektare dan maksimal satu orang boleh mengajukan asuransi maksimal 2 hektare.

"Mudah-mudahan dengan adanya program ini bisa dinikmati oleh masyarakat petani kita, mulai dari program bajak gratis, asuransi ternak, dan juga asuransi padi. Sehingga petani kita akan lebih sejahtera, untuk itu mohon dukungan kepada seluruh masyarakat. Silahkan program yang sudah diluncurkan oleh pemda Tanah Datar ini dimanfaatkan," ujar Bupati.

Sementara Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani menyampaikan untuk program asuransi ternak sapi/kerbau (AUTS) pada tahun 2022 ini pemda Tanah Datar menargetkan sebanyak 2000 ekor. Dan untuk mencapai target tersebut beberapa langkah sudah dilaksanakan, diantaranya melakukan sosialisasi dan turun langsung ke lapangan.

"Target kami pada akhir bulan juli ini program asuransi ternak sebanyak 2000 ekor dan asuransi padi seluas 2000 hektare pada akhir bulan Juli bisa tercapai. Kami mengharapkan tidak sampai pada bulan Agustus baru selesai," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga sampaikan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan program baik AUTP ataupun AUTS harus tergabung dulu ke dalam kelompok tani. Dan khusus untuk program AUTS syarat lainnya ternak sapi/kerbau harus betina, dan maksimal satu orang bisa mendaftarkan ternaknya maksimal 15 ekor.

Tampak hadir pada kegiatan itu Camat Tanjung Emas beserta jajarannya, Kabag Prokopim, jajaran dinas pertanian, Wali Nagari Tanjung Barulak, Ketua dan anggota kelompok tani dan undangan lainnya. (MG)
 
Top