JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, menutup secara resmi MTQ Nasional tingkat kecamatan X Koto ke V di masjid Nurul Iman Kayu Tanduk, Nagari Aia Angek, Kamis (28/10) kemarin.

"Melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat  Kecamatan, semarakkan syiar Al Qur'an di tengah-tengah masyarakat," katanya kala itu.

Dikatakan, antusias masyarakat mendengungkan dan menyemarakan syiar Al Qur'an sangat tinggi di Kabupaten Tanah Datar terbukti dengan semaraknya kegiatan MTQ di beberapa  kecamatan.

Dengan semaraknya syiar Al Qur'an di tengah-tengah masyarakat merupakan salah satu upaya  untuk menjadi benteng bagi generasi penerus supaya tidak  terjerumus kepada kegiatan negatif.

"Melalui kegiatan MTQ yang selalu mendengungkan ayat suci Al Qur'an akan meningkatkan kualitas iman umat dan membentengi generasi muda untuk tidak terjerumus perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun keluarga," harap Wabup.

Ia menmmbahkan, melalui MTQ selain mendekatkan diri kepada Allah SWT juga salah satu untuk mempersiapkan generasi masa depan dengan akhlak baik.

"Selain itu mari persiapkan diri untuk menghadapi MTQ N Ke 39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di kota Padang Panjang dan dukung selalu anak-anak kita untuk belajar Al Qur'an, Insya Allah akan menjadi hafiz ataupun hafizah,” ajak Wabup

Diakhir arahan Wabup Richi Aprian juga sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyukseskan MTQ Nasional ke V  tingkat Kecamatan X Koto  khususnya masyarakat  Nagari Aia Angek.

Ketua Majelis Hakim Bisti Samsuri selaku KUA X Koto umumkan pemenang dimana yang menjadi juara umum Nagari Paninjauan tiga tahun berturut turut, juara dua Nagari Panyalaian dan juara tiga Nagari Pandai Sikek, dilanjutkan Nagari Koto Laweh dan Nagari Aia Angek tuan sebagai tuan rumah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Busrizal dalam laporannya  sampaikan kegiatan MTQ diikuti 9 Nagari  se - Kecamatan X Koto yaitu Nagari Aia Angek, Singgalang, Paninjauan, Panyalaian, Pandai Sikek, Tambangan, Jaho, Koto Baru dan Koto Laweh masing - masing mengirimkan 48 kafilah, selama dua hari mulai tanggal 26-28 Oktober 2021, dengan jumlah peserta sebanyak 432 kafilah mengikuti 5  kategori yaitu Tilawah,  Tartil, Hipzil, MSQ dan Khutbah Jumat.

Busrial juga sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini alhamdulillah berjalan lancar.

Turut hadir di kesempatan tersebut, Camat dan Forkopimca X Koto, Kepala KUA Kecamatan X Koto,  Wali Nagari se Kecamatan X Koto, Hakim dan juri, guru TPA/TPSA, tokoh masyarakat, perantau dan ratusan masyarakat setempat. (MG)
 
Top