JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar Richi Aprian tutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an Nagari Ke-IV Tingkat Kecamatan Tanjuang Baru,  kemarin di Barulak.

"Mudah-mudahan, disamping sebagai sarana untuk menampilkan hasil pelajaran, juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk semakin cinta Al Qur'an, memahami dan melaksanakan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya, kemarin di Masjid Baiturrahmah Jorong Koto Tuo, Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru.

Dikatakannya, pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan itu, karena sejalan dengan Visi dan Misi Tanah Datar yakni mewujudkan Kabupaten Tanah  yang madani berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah.

"Kegiatan ini seiring dan sejalan dengan visi dan misi daerah kita. Dimana, Kabupaten Tanah Datar yang madani berlandaskan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah," jelas Richi.

Lebih lanjut, salah satu bentuk dukungan Pemerintah Daerah Tanah Datar disamping terus mendukung pelaksanan MTQ, juga telah meluncurkan Program 1 Rumah 1 Hafiz atau Hafizah.

“Dengan program 1 Rumah 1 Hafiz atau Hafizah, setidaknya 20 sampai 30 tahun ke depan separuh masyarakat Tanah Datar menjadi penghafal Al Qur’an. Akan ada dokter, polisi, tentara, dan bahkan Bupati dan Wakil Bupati yang hafiz atau hafizah,” kata Richi.

Sekaitan dengan pelaksanaan MTQ N Ke IV Tingkat Kecamatan Tanjung Baru, pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas penyelenggaraan yang aman dan sukses.

“Keberhasilan dan kesuksesan ini tentu berkat dukungan semua pihak, baik itu tokoh masyarakat, perantau, masyarakat dan juga panitia pelaksana, karena itu izinkan saya sampaikan terima kasih atas kerja keras, termasuk dewan juri yang telah berlaku adil dan rasional,” ujarnya.

Wabup Richi Aprian juga menyampaikan selamat kepada kontingen yang menjadi juara umum dan kepada kafilah yang telah mampu menjadi terbaik di masing-masing Cabang Lomba.

“Kepada yang juara, jangan berpuas diri, terus tingkatkan kemampuan agar bisa juga menjadi terbaik di tingkat lebih tinggi. Dan kepada yang belum berhasil juara, jangan bersedih, terus gembleng dan latih kemampuan untuk kembali bertarung pada kompetisi yang lain,” tukasnya.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Tanjuang Baru yang juga anggota DPRD Tanah Datar Zulli Rustam juga menyampaikan selamat atas kesuksesan pelaksanaan MTQ N ke IV Tingkat Kecamatan Tanjung Baru.

“Terima kasih atas kerja sama dan kerja keras panitia kerja serta dukungan masyarakat. Dan sikap sportivitas 2 kontingen yang berlomba, termasuk dewan juri yang telah bekerja dengan adil,” katanya.

Panitia Pelaksana Khazinatul Israr menyampaikan, pelaksanaan lomba yang dimulai semenjak Senin diikuti 172 peserta dengan berlaga pada 3 Cabang Lomba.

“Cabang lomba tilawah dari tingkatan anak-anak, remaja, dewasa dan lansia diikuti 86 peserta. Kemudian cabang Tahfiz 47 peserta, serta cabang Tartil diikuti 39 peserta,” ujarnya.

Adapun hasil MTQ N ke IV Tingkat Kecamatan Tanjung Baru menempatkan kafilah Nagari Tanjung Alam sebagai Juara Umum dengan total nilai 135 poin, mengalahkan kafilah tuan rumah Nagari Barulak yang hanya mampu mengumpulkan total nilai 44 poin. (MG)
 
Top