JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Percepatan pelaksanaan vaksin covid-19 di Solok Selatan, sesuai dengan himbauan Gubernur Sumbar (sumatera barat) pada Bupati/Wali Kota se-Sumbar dalam pelaksanaan "Sumbar Sadar Vaksin" Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah menetapkan 28 lokus titik pelaksanaan vaksin.

Penetapan 28 lokus tersebut, tersebar di tujuh kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Solok Selatan. Hal tersebut sesuai dengan Surat Bupati Solok Selatan tentang himbauan kepada seluruh unsur lintas sektor dan lintas program untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat melaksanakan vaksin, yang di jadwal pelaksanaannya serentak Sabtu (30/10/2021).

Sebagaimana di jelaskan Kadis Kominfo Kabupaten Solok Selatan, Syamsurizal melalui whatshaap, penetapan 28 lokasi pelaksanaan vasin covid-19 tersebut sesuai dengan Surat Bupati Solok Selatan nomor 090/1772/TU-Umum Dinkes/2021, tertanggal 28 Oktober 2021.

" Untuk lokasi vaksin tersedia  28 titik lokasi vaksin covid-19 yang sudah ditetapkan Bupati Solsel, H. Khairunas dalam program' Sumbar Sadar Vaksin' ," sebut nya.

Bupati Khairunas, sebagaimana dikatakan Syamsurizal, " pelaksanaan vaksin adalah dalam rangka percepatan penanggulangan pendemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Solok Selatan bersamaan dengan pelaksanaan yang sama se-Sumbar dengan tema ' Sumbar Sadar Vaksin '

Dilananjudkannya, Dinas Kesehatan sebagai leading sektor dibantu Camat beserta Wali Nagari berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan ' Sumbar Sadar Vaksin di masing-masing-masing titik lokasi.

Sebelum kunjungan bupati dan Forkopimda ke beberapa lokasi pelaksanaan vaksin, Sabtu (30/10/2021) nanti, Bupati H. Khairunas akan melaksanakan zoom meeting dengan Gubernur Sumbar dengan lokasi kegiatan di MTs N 2 Sangir, pada pukul 07.30 wib, " tambah Syamsurizal.

" Sebelum meninjau pelaksanaan vaksin pada hari Sabtu nanti, bupati akan melaksanakan zoom meeting dengan Gubernur Sumbar di MTs. Negeri 2 Solsel, " jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Dr. Novirman didampingi Kasi Imunisasi dan Survailance Dinkes, Mega Verta Christina menambahkan, pada pelaksanaan ' Sumbar Sadar Vaksin ' nanti, pihaknya telah menyiapkan lebih kurang 15.000 dosis vaksin.

Ditambahkannya, sesuai arahan Bapak Bupati, Pemkab terus menggiatkan vaksinasi yang juga didukung oleh TNI, Polri, DPRD, Kejaksaan, dan berbagai elemen masyarakat.

Sedangkan jumlah tenaga medis dan kesehatan yang akan diturunkan sebanyak 35 tim dari Dinas Kesehatan RSUD Solok Selatan serta dari Puskesmas, " tambahnya.

Adapun up date pelaksanaan vaksin di Solok Selatan per tanggal 27 Oktober, dari target vaksinasi 143.956 telah tercapai untuk dosis 1 sebanyak 55.400 (38,5%) dan dosis 2 : sebanyak 24.971 (17,3%), tutup Novirman.


* dirman *

 
Top