JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Personil Polres Solok Selatan dan anggota Polsek Sungai Pagu melakukan penggeledahan hunian Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Muaralabuh, Senin (5/4/2021).

Penggeledahan itu melibatkan tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL) yang dipimpin Kepala Rutan, Sarwono, bersama anggotanya Frista Wilza, Yovie, Setu Sari Sean, Erlina Raf, Zamzami, Velyx, Raldi, Fauzi, Rizki dan Jeffry. 

Untuk personil  Polres Solok Selatan dipimpin oleh Bripka Ahmad Arfan dengan anggota Brigadir Ikhsan Bihamdika, Brigadir Emdafril, Briptu Ilham Dani dan Briptu Dimo.

Sementara  dari  Polsek Sungai Pagu hadir Wakapolsek Ipda Johanes Andrian dan anggota Aipda John davidson.

Kepala Rutan Muara Labuh,  Sarwono menyebut kegiatan penggeledahan itu,  sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jendral Pemasyarakatan, Nomor : PAS.2-PK.02.10.02.143 terkait Pelaksanaan Razia Serentak seluruh jajaran Pemasyarakatan, dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57 Tahun 2021.

Diadakan kegiatan  penggeledahan itu adalah sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan keamanan, ketertiban pada Rutan Muara Labuh. 

" Pelaksanaan razia bersama di Rutan Kelas IIB Muara Labuh adalah sinergitas antara Rutan Muara Labuh dengan Aparat Penegak Hukum (APH)  lainnya, sebagai bentuk deteksi dini terhadap ganguan keamanan dan ketertiban di Rutan Muara Labuh" ungkap Sarwono.

Pelaksanaan kegiatan ini sudah sesuai dengan SOP pengeledahan kamar hunian warga binaan,kegiatan berjalan lancar.

Kabolorasi tim SATOPS PATNAL Rutan dengan anggota Polres dan Polsek Sungai Pagu tersebut, tidak ada ditemukan barang yang dilarang ada di kamar, seperti Handphone maupun Narkoba dan sejenis obatan terlarang lainnya. 

Tim hanya menemukan beberapa senjata tajam, yang di khawatirkan bisa menganggu keamanan dan ketertiban didalam Rutan Muara Labuh, " jelas Sarwono. 

Usai pelaksanaan kegiatan,  Sarwono mengucapkan terima kasi pada APH lainnya yang sudah mendukung pelaksanaan kegiatan  razia. Apalagi kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, tahun ini, demikian Sarwono.


* dirman *

 
Top