JA.com, PARIAMAN- Dengan alokasi dana sekitar Rp2 miliar, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dibagikan kepada 3.174 orang pelajar di Padang Pariaman untuk menerima bea siswa.

Ketua Baznas Padang Pariaman, Syamsuardi Surma menyerahkan langsung beasiswa tersebut kepada siswa SMP sederajat di Padang Pariaman, di Pariaman, Senin (22/10/2018).

Beasiswa tersebut diberikan melalui Program Padang Pariaman Cerdas kepada pelajar yang ekonomi keluarganya tidak mampu Di daerah itu.

Ia merincikan beasiswa untuk SD dan madrasah ibtidaiyah yaitu sekitar Rp728 juta dengan jumlah penerima 2.080 siswa.

Sedangkan beasiswa untuk tingkat SMP dan tsanawiyah yaitu sekitar Rp301 juta dengan jumlah penerima 670 siswa

“Masing-masing siswa kita berikan dana Rp350 ribu untuk SD sederajat dan Rp450 ribu untuk SMP sederajat,” jelasnya.

Sebelum menetapkan penerima beasiswa, Baznas Padang Pariaman terlebih dahulu memverifikasinya ke sekolah-sekolah agar tidak terjadi tumpang tindih dana.

Baznas Padang Pariaman tidak menginginkan adanya siswa yang sudah mendapatkan beasiswa dari pemerintah pusat melalui Kartu Indonesia Pintar juga mendapatkan beasiswa dari Baznas.

“Tujuannya agar dana zakat ini bisa kami serahkan kepada yang lain sehingga banyak pelajar yang mendapatkan beasiswa,” ujarnya.

Ia menyatakan beasiswa yang disalurkan tersebut bertujuan untuk meringankan beban orang tua dalam membeli perlengkapan sekolah anaknya.

“Kan kasihan ada anak yang sekolah namun sepatu, tas, dan bajunya robek,” katanya.

Selain memberikan beasiswa kepada pelajar tingkat SD dan SMP sederajat pihaknya juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerah itu dengan jumlah 424 penerima.

Dana beasiswa tersebut diambil dari sekitar 30 persen dana zakat yang terkumpul selama 2018.

Ia menyebutkan target dana zakat yang terkumpul pada 2018 yaitu mencapai Rp7 miliar sedangkan realisasi yang hingga bulan ini mencapai Rp5 miliar. (Eli).
 
Top